Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

Daun Salam

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu tanaman yang menyimpan banyak kegunaan yaitu daun salam, salah satunya yaitu untuk bahan penyedap beragam masakan. Selain itu, daun salam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun salam yang memiliki berbagai kandungan sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaat daun salam? Simak artikel ini sampai selesai.

Kandungan Daun Salam

  • 0,1 gram protein
  • 0,2 mg lemak
  • 0,4 gram sodium
  • 0,5 gram serat
  • 0,8 gram zat besi
  • 1,4 gram karbohidrat
  • 6 kalori
  • 2,2 mg magnesium
  • 5,6 mikrogram vitamin A

12 Manfaat Daun Salam bagi Tubuh

  1. Sumber Antioksidan

Daun salam terbukti mengandung flavonoid, proanthocyanidin, dan sifat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa asam caffeic dan senyawa rutin dalam daun salam berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa rutin berfungsi memperkuat dinding kapiler jantung dan ekstremitas tubuh. Sementara itu, asam caffeic membantu menghempaskan kadar LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskuler.

  1. Mengontrol Penyakit Diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kapsul daun salam dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Selain itu, konsumsi daun salam secara teratur dikatakan bisa mengurangi risiko penyakit diabetes bahkan penyakit kardiovaskular.

  1. Melindungi Tubuh dari Bakteri dan Mikroba
BACA JUGA :  Diskominfo Kabupaten Bogor Ajak Operator Website Kecamatan Sediakan Konten dan Informasi Terkini

Daun salam juga memiliki sifat antimikroba yang mampu melindungi tubuh dari berbagai bakteri. Antimikroba dan antibakteri ini dapat melawan bakteri penyebab infeksi seperti Salmonella typhimurium, Escherichia coli, hingga Klebsiella pneumonia.

  1. Membantu Pengobatan Kanker

Penelitian menemukan bahwa ekstrak daun salam berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Karena itu, daun salam dijadikan sebagai alternatif pengobatan alami untuk berbagai jenis kanker.

  1. Meredakan Inflamasi

Berikutnya, daun salam memiliki kandungan linalool dan parthenolide yang bersifat anti inflamasi. Kedua senyawa ini berguna untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit.

  1. Menghempaskan Ketombe

Selanjutnya, daun salam mengandung sifat antijamur yang ampuh melawan ketombe sekaligus menyehatkan kulit kepala.

  1. Mencegah Tanda Penuaan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, daun salam merupakan tanaman herbal yang kaya antioksidan. Dengan menetralisir radikal bebas, antioksidan akan membantu menjaga kekenyalan kulit dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini di wajah seperti kerutan dan garis halus.

  1. Mengurangi Stress dan Kecemasan

Daun salam tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga membantu mengurangi rasa stress dan cemas yang menumpuk. Kandungan daun salam dapat memberikan efek menenangkan dan menurunkan tingkat hormon stress, apalagi jika digunakan sebagai aromaterapi.

  1. Melancarkan Pencernaan

Pada daun salam, ditemukan senyawa organik yang mengandung enzim. Senyawa ini secara keseluruhan bermanfaat untuk membantu meredakan sakit perut, mencegah timbulnya batu ginjal, mengurangi kembung, melancarkan buang air kecil serta melawan bakteri penyebab maag.

  1. Meredakan Batuk
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 13 Juli 2024

Daun salam juga ternyata berkhasiat sebagai obat batuk alami, lho. Hal ini karena daun salam mengandung sifat antitusif yang dapat meredakan batuk membandel. Jika sedang batuk, coba deh meminum teh daun salam atau menghirup aroma minyak esensial daun salam dari diffuser.

  1. Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat karena sedang flu atau pilek? Daun salam bisa membantu meredakannya. Dengan zat kamper dan eucalyptol, tanaman herbal satu ini dapat membantu mengencerkan lendir dan dahak membandel yang mengganggu pernapasan.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, selama bertahun-tahun daun salam memiliki beberapa kegunaan unik lainnya. Berikut contohnya:

  • Minuman teh herbal untuk menyehatkan pencernaan.
  • Membantu pengobatan sakit kepala dikombinasikan dengan kayu manis, pala, dan minyak zaitun.
  • Membantu pengobatan sengatan lebah dan tawon.
  • Minyak pijat untuk meringankan rasa nyeri.
  • Obat alami untuk meredakan demam.
  • Membantu mengusir serangga.
  • Obat topikal untuk meredakan bengkak dan nyeri rematik.
  • Wewangian dan semprotan untuk mengharumkan ruangan.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================