5 Makanan yang Bisa Bikin Kaki Bengkak Ini Perlu Diwaspadai!

Ilustrasi kaki bengkak

BOGOR TODAY – Penting menjaga pola makan dan perlu memilih makanan yang tidak mengandung gula atau natrium berlebih karena menyebabkan pembengkakan bagi pengidap edema.

Perlu diketahui, edema merupakan suatu kondisi medis di mana terjadinya penumpukan cairan berlebih di dalam jaringan tubuh. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Kondisi ini bisa lebih parah jika pengidapnya tidak memperhatikan asupan makanan. Lantaran pembengkakan akan mulai dari tungkai kaki, pergelangan kaki, hingga bawah mata.

Nah, untuk mencegah terjadinya peradangan, ini dia beberapa makanan yang perlu dihindari agar tidak mengalami edema.

  1. Daging olahan
BACA JUGA :  Tirta Pakuan Sukses Datangkan Tenaga Ahli Tukang Ledeng dari Austria, Ternyata Buat Ini

Daging olahan atau disebut juga deli meat masuk ke dalam kategori makanan yang harus dihindari bagi pengidap edema, karena dapat mengakibatkan pembengkakan.

Daging olahan tinggi akan natrium. Dalam 100 gram daging olahan kemasan rata-rata mengandung 1.293 mg natrium. Sementara, pedoman diet menyarankan di bawah 2.300 mg setiap hari.

Misalnya seperti sandwich yang dilengkapi dengan daging, keju, dan roti yang jika dikonsumsi utuh bisa menjadi makanan tinggi sodium.

BACA JUGA :  Erupsi Melanda Gunung Ibu 2 Kali Pagi Ini, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 1 Km

Alih-alih menggunakan deli meat, ahli gizi menyarankan untuk mengganti dengan pilihan yang lebih sehat, seperti telur, tahu, dan tempe yang tinggi protein.

  1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memang bisa membahayakan kesehatan, khususnya yang digoreng menggunakan teknik deep fried. Pasalnya makanan yang digoreng sangat tinggi natrium.

Selain itu, kandungan lemak jenuhnya juga dapat menyebabkan peradangan yang berakibat fatal pada pengidap edema.

======================================
======================================
======================================