Pemkot Bogor Perkuat Kualitas UKS di Seluruh Sekolah, Tingkatkan Kesehatan dan Mutu Pendidikan

BOGOR-TODAY.COM – menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dilingkungan sekolah serta Madrasah sehat Se-Kota Bogor di Hotel Onih, Kecamatan Bogor Tengah, pada Senin (27/5/2024).

Hal itu dilakukan agar peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal untuk tetap menjaga kesehatannya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Setda Kota Bogor, Eko Prabowo mengatakan, rakor UKS kali ini tidak hanya untuk tingkat sekolah negeri, tetapi juga dari lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Seperti tingkatanp Paud, TK, SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK dan Madrasah Aliyah.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 13 Juni 2024

“Rakor ini bertujuan untuk menguatkan strata dan kualitas UKS-UKS di berbagai sekolah wilayah Kota Bogor. Lantaran, hingga saat ini kebanyakan UKS di Kota Bogor masih didominasi strata minimal,” ujar Eko.

Eko menyebutkan, bahwa UKS dengan strata paripurna (teratas) hanya sekitar empat persen sampai enam persen dari total 1.189 UKS di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia jadi Wakil ASEAN, Ini Daftar Negara di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Peningkatan UKS ini menjadi hal penting karena menjadi salah satu indikator Sekolah dikatakan baik dan sehat. Di samping indikator lain yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terlaksana dengan baik, kantin sehat, dan sekolah hijau,” tuturnya.

Menurutnya, bahwa kesehatan sekolah juga mempengaruhi kualitas pendidikan, hasil belajar, dan peningkatan kesejahteraan tumbuh kembang peserta didik secara optimal.

======================================
======================================
======================================