Sosialisasikan PPDB 2024, DPRD Kota Bogor Buka Posko Pengaduan

BOGOR-TODAY.COM – Komisi IV DPRD Kota Bogor bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, melakukan sosialisasi terkait sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 kepada 208 komite Sekolah Dasar Sekota Bogor di ruang Paripurna DPRD Kota Bogor, Senin (27/5/2024).

Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri, menyampaikan sosialisasi yang dilakukan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pengetahuan terkait sistem PPDB yang baru.

“Jadi sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi terkair sistem PPDB yang terbaru sudah diketahui oleh orang tua murid dan komite-komite di sekolah,” ujar pria yang akrab disapa ASB.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Ingatkan ASN Jaga Netralitas Pilkada 2024, PPDB Hingga Idul Adha

ASB merincikan bahwa untuk PPDB tahun ini terbagi menjadi lima jalur. Yakni jalur zonasi dengan kuota 50 persen, jalur afirmasi dengan kuota 20 persen, jalur prestasi dengan kuota 20 persen, jalur anak berkebutuhan khusus (ABK) lima persen dan jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dengan kuota lima persen.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Disdik untuk PPDB tahun 2024 ini, sebanyak 21 SMP Negeri di Kota Bogor hanya mampu menampung 5792 siswa.

BACA JUGA :  Kecelakaan Truk Muatan Batu Kapur Tabrak Pembatas Jalan dan Terguling di Prambanan Klaten

Sehingga penting menurut ASB untuk menyesuaikan alokasi kuota PPDB sambil menambah jumlah sekolah baru untuk meningkatkan daya tampung bagi siswa SMP Negeri di Kota Bogor.

“Jadi ada perubahan dari zonasi yang sebelumnya 55 persen, tahun ini hanya 50 persen. Nah lima persen tersebut kami alokasikan untuk jalur afirmasi. Kami berharap hal tersebut dapat membantu penyerapan peserta didik bagi warga yang tidak mampu,” jelas ASB.

======================================
======================================
======================================