Jelang Idul Adha 2024, Pemkot Bogor Periksa Hewan Kurban

BOGORTODAY.COM – Dalam menyambut Idul Adha dan penyediaan hewan kurban, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) siap untuk melakukan pemantauan di lapangan

Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi memastikan bahwa pemerintah hadir dalam memberikan pelayanan ketersediaan hewan kurban yang sehat dan memiliki kualitas daging yang baik.

“Jadi, kita Pemkot Bogor dari dinas bekerjasama dengan sekolah vokasi, kedokteran dan juga perhimpunan dokter hewan untuk memonitor, memantau sampai dengan selesai pelaksanaan. Nantinya petugas ini akan mobile memeriksa di lapak-lapak serta di tempat penyembelihan. Kita juga kerja sama dengan Kemenag, MUI dan DMI, kita koordinasi terus,” ujarnya.

BACA JUGA :  4 Partai Bentuk Koalisi Bogor Maju, Kekuatan Baru dalam Pilkada 2024

Kabid Peternakan DKPP Kota Bogor Anizar menyampaikan, dalam kesiapan pelaksanaan hewan kurban, Kota Bogor sudah jauh-jauh hari melakukan vaksinasi PMK di 30 hingga 20 hari menjelang hari raya Idul Adha, sehingga menjelang hari H tidak lagi dilakukan vaksinasi melainkan dilakukan pemeriksaan, serta pemantauan hewan kurban.

“Jadi kita sarankan seluruh hewan yang ada di Kota Bogor itu agar sudah diperiksa kesehatannya, karena tim dari Kota Bogor mulai hari ini sudah terjun ke lapangan. Nanti ketika dicek setelah terbukti sehat kita beri surat keterangan kesehatan sehat (SKKH),” ucapnya.

BACA JUGA :  Bogor Timur Darurat Sampah, Desak Pemkab Bogor Implementasikan Pengelolaan dan Pengolahan Sampah 3R

Dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban DKPP Kota Bogor mendapat bantuan dari sekolah vokasi, Polbangtan, FKH IPB dan dari Perhimpunan dokter hewan Jawa Barat 2 serta tim dari DKPP dengan total sekitar 360-an petugas

======================================
======================================
======================================