Mahasiswa UIN Jakarta Sukses Gelar MLKS di Desa Cinagara Bogor

Mahasiswa UIN Jakarta
Mahasiswa UIN Jakarta Program Studi Manajemen Dakwah (MD) konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) sukses mengadakan Bakti Sosial Manajemen Lembaga Keuangan Syariah di Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BOGOR-TODAY.COMMahasiswa UIN Jakarta Program Studi Manajemen Dakwah (MD) konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) sukses mengadakan Bakti Sosial Manajemen Lembaga Keuangan Syariah di Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan yang mengusung tema “Melangkah Bersama Keuangan Syariah, Membangun Kemandirian Ekonomi” ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 7 hingga 8 Juni 2024.

Ketua Pelaksana Rafi Sya’ban Alfaridzi menjelaskan bahwa konsep literasi keuangan syariah mencakup pemahaman, keterampilan, sikap, dan perilaku yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan keuangan yang tepat dan mengelola keuangan secara efektif sesuai dengan prinsip syariah.

Literasi keuangan syariah lebih dari sekadar mengenal lembaga keuangan dan produk-produknya, tetapi juga mencakup pemanfaatan praktis dari layanan yang ada. Literasi ini penting karena memberikan panduan bagi individu dalam mengelola keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria Tewas di Pondok Kebun Sawit Bangka Barat

“Bagi umat Islam, menguasai dan menerapkan literasi keuangan syariah bukan hanya anjuran, tetapi kewajiban,” ujar Rafi dalam pernyataan tertulis yang diterima bogor-today.com, Rabu (3/7/2024).

Penasihat Sekolah Alam Pangrango, Amin Akkas, menyatakan bahwa Desa Cinagara adalah kampung marginal atau tertinggal, sehingga sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Kehadiran bakti sosial ini sangat membantu, termasuk edukasi mengenai pentingnya literasi keuangan syariah,” kata Amin.

Sekretaris Desa Cinagara, Uan Maksum, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bakti Sosial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama karena melibatkan NGO internasional.

BACA JUGA :  Nuryadi, Jemaah Haji Asal Klaten Wafat di Tanah Suci, Dimakamkan di Makkah

“Kegiatan ini sangat berguna dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Kami sebagai aparat desa sangat mendukung adanya bakti sosial ini,” tuturnya.

Bhabinkamtibmas Polri Desa Cinagara, Purwodadi, juga menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk berkembang lebih baik. “Semoga ke depannya kegiatan ini dapat berjalan lebih baik lagi,” ujarnya.

Pelaksana Sub Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bogor, R. Em-Em Sugiarti, menyambut baik kegiatan ini. Ia menyebutkan bahwa kegiatan bakti sosial ini bisa membantu masyarakat Desa Cinagara untuk berkembang dan maju.

“Semoga ke depannya mahasiswa UIN Jakarta dapat terus menebar kebaikan kepada masyarakat luas,” katanya.

======================================
======================================
======================================