Studi Terbaru: Konsumsi Telur Setiap Hari Justru Dapat Turunkan Kolesterol Jahat

BOGORTODAY.COM – Selama ini telur sering dianggap sebagai pemicu tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah.

Namun, penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition justru menunjukkan sebaliknya. Konsumsi dua butir telur per hari dinilai dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, asalkan menjadi bagian dari diet rendah lemak jenuh.

Penelitian yang dilakukan oleh University of South Australia melibatkan 61 orang dewasa berusia 18–60 tahun dengan kadar kolesterol normal.

BACA JUGA :  Tekan Angka 45 Ribu Penganggur, Komisi IV DPRD Kota Bogor Kawal Pembukaan Job Fair 2026

Peserta menjalani tiga pola diet berbeda selama lima minggu: makan satu telur per minggu (Control Diet), makan dua telur per hari (Egg), dan tanpa telur sama sekali (Egg-Free).

Selama penelitian, jumlah kalori yang dikonsumsi peserta tetap sama dan mereka dipantau oleh ahli gizi.

Hasilnya, fase “Egg” secara signifikan menurunkan kolesterol LDL, kolesterol total, dan ApoB (penanda jumlah partikel lipoprotein aterogenik) dibandingkan fase “Control Diet”.

Para peneliti menyimpulkan, kolesterol dari telur tidak berdampak sama seperti kolesterol dari lemak jenuh. Justru pola makan tinggi lemak jenuh yang lebih berperan meningkatkan kolesterol jahat.

BACA JUGA :  OSN-K 2026 Segera Digelar, Peserta Wajib Pahami Tata Tertib dan Sanksi yang Berlaku

Meski hasil penelitian ini menjanjikan, peneliti menekankan perlunya studi lanjutan pada populasi yang lebih besar dan beragam.

Penelitian ini juga memiliki keterbatasan karena fokus pada orang dewasa sehat dan didanai oleh Egg Nutrition Center, meski pihak sponsor tidak terlibat dalam desain maupun analisis studi.

Bagi Halaman

Editor : Gistin Illiyin

Sumber : Detik.com

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau whatsapp channel



======================================
====================================