Hari Kebangkitan Nasional 2022
Logo Hari Kebangkitan Nasional 2022.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORHari Kebangkitan Nasional 2022 diperingati pada tanggal 20 Mei. Tahun ini menandai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengambil momentum Hari Kebangkitan Nasional sebagai tonggak Indonesia bangkit usai pandemi Covid-19.

“Kita dapat merasakan bahwa situasi saat ini sudah jauh membaik dibandingkan pada saat awal dunia diserang ganasnya Covid-19 hingga ditetapkan sebagai pandemi global,” tulis Johhny dalam Surat edaran Menkominfo soal Penyampaian Pedoman Penyelenggaran Harkitnas 2022.

Menurut Johnny, kebangkitan dari pandemi ini merupakan hasil usaha dari berbagai pihak yang semakin sigap dalam menangani setiap kasus Covid-19 dan kesadaran masyarakat yang terus meningkat untuk saling menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Ingatkan PPPK untuk Melayani Masyarakat Kabupaten Bogor Secara Optimal

Tujuan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2022

Mengambil momentum bangkit dari pandemi ini, tema Hari Kebangkitan Nasional 2022 adalah “Ayo Bangkit Bersama”. Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi bangsa untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang.

Pada masanya, Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Menkominfo meminta kita untuk memiliki semangat juang yang sama membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19.

BACA JUGA :  Warga Mengwi Digegerkan dengan Pria Misterius Penuh Luka Bagian Wajah Tergeletak di Jalanan

“Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan cepat dan melewati masa-masa krisis. Jangan biarkan keadaan membelenggu kita dalam masa-masa sulit. Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya saling menunjuk,” ujar Johnny.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional tak bisa lepas dari organisasi Budi Oetomo yang didirikan Dr Sutomo. Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Pertama Indonesia, Sukarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================