IMG_2705Penyelenggara turnamen Piala Pres­iden, Mahaka Sports and Enter­taiment, menyiapkan sanksi bagi pemain dan klub yang melakukan pelanggaran terutama kekerasan di atas la­pangan. Sanksinya pun berbeda-beda.

CEO Mahaka, Hasani Abdul Gani men­gatakan pelanggaran yang dimaksud adalah tindak kekerasan yang dilakukan kepada wa­sit maupun sesama pemain. Memukul wasit misalnya, jika itu dilakukan, masing-masing kesebelasan dan pemain akan diberikan sanksi berupa denda.

Apabila pemain melakukan pemukulan terhadap wasit, maka pemain itu dilarang tampil lagi bersama klubnya di Piala Pres­iden. Klubnya pun diberikan denda sebesar Rp 100 juta.

Namun, apabila pemain melakukan ker­ibutan sesama pemain, maka si pemain akan didenda sebesar Rp 50 juta. Hal itu diterap­kan agar menciptakan suasana kompetisi yang bersih dari kekerasan dan anarkis sep­erti yang pernah terjadi selama ini. “Kami in­gin menciptakan kompetisi yang bersih. Oleh sebab itu sanksi denda ini kami terapkan dari awal,” katanya, Senin (24/8/2015).

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Di Piala Presiden, Mahaka memberikan uang Rp 600 juta kepada masing-masing tim di penyisihan grup. Namun Hasani men­gatakan hanya akan memberikan Rp 500 juta, sementara Rp 100 juta-nya akan dide­positkan. “Rp 100 juta kami tidak berikan dulu untuk jaga-jaga. Jika terjadi sesuatu bisa kami potong dari uang itu,” ujarnya.

Belum lama ini kasus kekerasan di la­pangan sepakbola kembali mengemuka. Di turnamen Piala Kemerdekaan yang digagas Tim Transisi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sedikitnya ada dua insiden penyerangan terhadap wasit.

BACA JUGA :  Jadwal Tim Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024 Hari Ini

Yang pertama dilakukan pemain Persebo Bondowoso, yang menendang wasit karena merasa sang pengadil tidak adil. Kedua, pela­tih Persis Solo, Aris Budi, menanduk asisten wasit dalam pertandingan timnya melawan Persinga Ngawi di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis (20/8/2015) lalu.

Piala Presiden sendiri akan diikuti oleh 16 klub yang dibagi menjadi empat grup. Kick off akan digelar pada 30 Agustus yang me­nampilkan Bali United Pusam melawan Per­sija Jakarta sebagai laga pembuka di Stadion Gianyar, Bali. Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir di acara pembukaan.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo

[email protected]

============================================================
============================================================
============================================================