Persikabo-(2)DI tengah polemik berkepanjangan persepakbolaan Tanah Air, kasta ketiga sepakbola, Liga Nusantara seolah terlupakan dari perbincangan Sepakbola.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo

Liga Nusantara hingga saat ini masih belum ada kejelasan. Bahkan baru satu regional saja yang sudah rampung menggelar pertandingan tingkat wilayah yakni DKI Jakarta yang mela­hirkan juara tim Persija Timur.

Nasib Persija Timur yang sukses menjuarai Liga Nusantara (LN) tahap regional DKI Jakarta masih gelap. Sebab, hingga kini Persatuan Sepak­bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum dapat memastikan kapan gelaran tingkat nasional dihelat.

Anggota Komite Eksekutif Asosia­si Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta, Rizal Hafid mengaku belum men­getahui bagaimana kelanjutan Liga Nusantara tingkat nasional. Sebab, di tingkat Asprov, baru DKI saja yang telah menggelar pertandingan.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

”Daerah lain sepertinya belum ada yang menggelar kulifikasi tingkat regional. Yang pasti, tim pemenang akan mewakili DKI. Jika konflik sudah selesai (PSSI-Kemenpora), mungkin mereka baru akan bertand­ing di tingkat nasional,” tegas Rizal.

Pelatih Persija Timur, Saut Tob­ing juga mempertanyakan kelanju­tan masa depan tim asuhannya ke tingkat nasional. Sebab, Asprov DKI sendiri belum dapat memberikan kepastian mengenai jadwal pertan­digan tahap nasional. “Kami serah­kan kepada Asprov DKI. Semoga ada kepastian kapan fase berikutnya di­gelar,” ujarnya.

BACA JUGA :  Buka Kejuaraan Tarung Derajat, Hery Antasari : Sarana Pembinaan Generasi Muda

Liga Nusantara merupakan kom­petisi sepak bola tingkat ketiga dalam sistem liga sepak bola Indonesia se­jak tahun 2015.

Tim peserta adalah gabungan dari Divisi II dan Divisi III pada tahun 2014. Sementara pada tahun 2015, Divisi I Liga Indonesia pun digabung dengan liga ini.

Setelah penghapusan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI), Liga Nusan­tara sebagai kompetisi amatir dike­lola oleh komite kompetisi Asosiasi Provinsi untuk babak kualifikasi dan dikelola oleh PSSI di babak nasional. Namun, konflik PSSI dan Kemenpora membuat program kompetisi di selu­ruh jenjang vakum.

============================================================
============================================================
============================================================