Untitled-4ROMA, Today – AS Roma meme­tik poin penuh kala menjamu Empoli dalam lanjutan Serie A. Giallorossi menang 3-1 berkat gol dari Miralem Pjanic, Daniele De Rossi, dan Mohamed Salah.

Dalam pertandingan giorna­ta ke delapan di Stadion Olim­pico, Sabtu (17/10/2015) malam WIB, kedua tim tak banyak menciptakan peluang di babak pertama. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Roma lang­sung memborong tiga gol dalam tempo 13 menit. Diawali gol tendangan bebas Pjanic di menit ke-56, Roma kemudian mem­berondong gawang Empoli lewat sundulan De Rossi dan sepakan Salah. Sementara itu, Empoli cuma mencetak satu gol hiburan le­wat tendangan Marcel Buchel.

Dengan tambahan tiga poin dari laga ini, Roma untuk sementara naik ke pering­kat kedua dengan 17 poin dari delapan laga, terpaut satu angka dari Fiorentina yang me­mimpin klasemen. Sementara Empoli ada di urutan ke-16 dengan tujuh poin.

Roma yang mengambil inisiatif meny­erang lebih dulu sempat membobol gawang Empoli lewat Gervinho. Tapi gol ini dianulir karena Gervinho sudah lebih dulu terjebak offside.

Gervinho kembali dapat peluang bagus setelah menerima umpan terobosan dari Alessandro Florenzi. Tapi tembakan Gervin­ho masih bisa diblok oleh Lorenzo Tonelli.

Gervinho kembali menyia-nyiakan pelu­ang bagus yang didapatnya di menit ke-32. Berawal dari serangan balik, Mohamed Salah merangsek ke area pertahanan Empoli. Dia kemudian mengoper bola kepada Gervinho, tapi penyelesaian akhir penyerang Pan­tai Gading itu masih mengarah ke Lukasz Skorupski.

Empoli bukan tanpa peluang. Tim tamu mencoba mengancam lewat tembakan Rade Krunic, tapi Wojciech Szczesny bisa mengha­launya.

Massimo Maccarone juga mencoba me­lepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi Szczesny masih bisa mengamankan bola. Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan.

Upaya Roma untuk mencetak gol baru membuahkan hasil di menit ke-56. Roma mendapat tendangan bebas setelah Florenzi dijatuhkan di depan kotak penalti. Miralem Pjanic mengeksekusinya dengan sempurna untuk membawa tuan rumah memimpin 1-0.

Roma cuma butuh waktu dua menit un­tuk menggandakan keunggulan. Tendangan sudut Pjanic disambut sundulan oleh Dan­iele De Rossi untuk menggetarkan jala gawa­ng Empoli. Gol ini juga spesial bagi De Rossi yang memainkan laga ke-500 dalam seragam Roma.

Keunggulan Roma bertambah di menit ke-69. Dari umpan terobosan Radja Naing­golan, Gervinho yang bergerak dari sisi kiri kemudian melakukan penetrasi ke dalam ko­tak penalti. Gervinho kemudian melepaskan umpan ke tengah kotak dan dituntaskan oleh Salah.

Empoli memperkecil ketertinggalannya di menit ke-75. Tembakan Marcel Buchel dari luar kotak penalti mengarah ke pojok kiri gawang Roma dan tak bisa dijangkau oleh Szczesny.

Empoli nyaris menggandakan keunggu­lan memanfaatkan kesalahan lini belakang Roma. Tapi tembakan Alessandro Piu masih bisa diamankan Szczesny. Skor 3-1 untuk ke­menangan Roma bertahan hingga wasit me­niup peluit panjang.

(Adil | net)