Foto : Net
Foto : Net

Gelar juara dunia Formula 1 2015 berhasil diraih Lewis Hamilton. Pembalap dari tim Mercedes itu memuncaki klasemen dengan perolehan 327 poin.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Balapan musim ini sebenarnya masih menyisakan tiga tempat lagi. Namun poin milik Hamil­ton tak bisa dikejar lagi setelah ia memenangkan GP Amerika Serikat, Senin (26/10/2015) dini hari WIB.

Hamilton jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 50 menit 52,703 detik. Dua pem­balap lain yang menemaninya di atas podium adalah Nico Ros­berg (Mercedes) dan Sebastian Vettel (Ferrari).

Dengan demikian, Hamilton sukses menyamai rekor Jackie Stewart sebagai pebalap Inggris dengan gelar juara dunia ter­banyak.

Namun Hamilton tercatat lebih baik karena mampu mem­pertahankan gelar juara yang sebelumnya ia raih pada 2014 lalu.

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Waspadai Thailand di Thomas Cup 2024

Bagi Hamilton, ini merupak­an gelar juara F1 yang ia raih un­tuk ketiga kalinya. Gelar perta­ma didapatkan pada 2008 lalu.

Saat itu ia tercatat sebagai pembalap kulit hitam pertama yang menjuarai lomba jet darat. Hamilton juga diberi status se­bagai pembalap termuda yang mampu meraih gelar juara se­belum akhirnya rekor tersebut diambil oleh Sebastian Vettel pada 2010.

Setelah itu, karier Hamil­ton sempat jatuh bangun. Dari 2009-2013 ia selalu mengakhiri musim di luar peringkat tiga be­sar.

Sampai akhirnya Mercedes AMG Petronas F1 Team me­manggil Hamilton untuk meng­ganti peran Michael Schumach­er yang memutuskan gantung helm alias pensiun.

“Ini momen yang indah. Saya sampai sulit mengungkap­kannya dengan kata-kata,” tutur Hamilton yang dilansir Crash.

“Saya sangat menikmati balapan dengan mobil ini (Mer­cedes). Saya harap kemenangan ini dapat menginspirasi banyak orang agar terus bekerja keras mewujudkan mimpi,” tambah pembalap kebangsaan Inggris tersebut.

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Hamilton sendiri mengaku seperti tidak percaya dnegan keberhasilannya meraih gelar juara dunia ketiga. “Saya bisa gila bila berpikir saat ini saya telah tiga kali menjadi juara du­nia,” kata Hamilton.

Lewis Hamilton juga men­jadi pebalap asal Inggris per­tama yang meraih gelar juara tiga kali sejak 1973. Sementara untuk gelar juara dunia keti­gakalinya ia menyejajarkan diri dengan Jack Brabham, Jackie Stewart, Niki Lauda, Nelson Pi­quet dan Ayrton Senna.

Beberapa pebalap lainnya yang mencapai hasil lebih dari tiga kali adalah Michael Schum­acher (7), Juan Manuel Fangio (5), Alain Prost dan Sebastian Vettel (4). (*)

============================================================
============================================================
============================================================