BOGOR TODAY – Kerap di­jadikan rumah kedua bagi mahasiswa yang memiliki agenda padat, lingkungan kampus yang nyaman sudah seharusnya nyaman dan me­miliki udara bersih.

Universitas Indonesia (UI) meluncurkan sebuah ino­vasi bernama UI GreenMet­ric sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia, berbasis komitmen tinggi dalam pengolahan ling­kungan hidup kampus, telah kembali mengumumkan per­ingkat kampus hijau terbaik di dunia tahun 2015.

Peringkat pertama kam­pus hijau terbaik di dunia direbut University of Not­tingham dengan jumlah skor 7.267.00, kemudia diikuti University of Connecticut dengan skor 7.156.00. In­donesia sendiri, predikat kampus terhijau diraih oleh UI dengan skor 6.157.00 dan berada di posisi ke-33.

BACA JUGA :  Bantu Turunkan Berat Badan dengan Rutin Minum Jus Apel, Benarkah? Simak Ini

Selain UI, masih ada uni­versitas lainnya yang meneri­ma predikat 100 besar dunia. Yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan skor 6.130.00 di peringkat 36, sedangkan Uni­versitas Diponegoro berada di peringkat 45 dengan skor 5.989.00.

“Sudah saatnya UI seb­agai institusi akademis turut berkontribusi dalam emisi gas rumah kaca dari kegiatan akademik sehari-hari ber­tanggung jawab dan menge­tahui berapa emisi gas rumah kaca yang telah diproduksi per tahun, sehingga bisa mengambil langkah preven­tif dan kuratid dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim,” kata Prof Muham­mad Anis, Rektor UI, Jumat (22/1/2016).

BACA JUGA :  Karate Internasional di Bangkok, Naufal Putra Diandra Sabet Medali Emas Ajang SeakF Asia ke-11

Pemeringkatan UI Green Metric tahun 2015 diikuti 407 perguruan tinggi dari 65 negara, setelah pada tahun sebelumnya hanya ada 407 perguruan tinggi yang mengikuti pemering­katan ini.

(Abdul Kadir Basalamah|Yuska)

============================================================
============================================================
============================================================