kisah-sukses-firna-putri-pemulung-dan-buruh-cuci-raih-sarjana-cumlaude-di-unnes_20160727_095252SEMARANG TODAY– Firna Larasati (21) putri pemulung berprestasi yang baru lulus dari Universtias Negeri Semarang (Unnes) akan mendapat bea­siswa hingga S3. Beasiswa ini diberikan oleh Partai Golkar.

Beasiswa ini disampaikan oleh Ketua Kordinator Bidang Pemenangan Pemilu Jawa-Su­matera Golkar, Nusron Wahid yang datang langsung ke ru­mah Firna. Nusron didampingi dekan di Fakultas Ilmu Sosial Unnes beserta anggota DPD Partai Golkar Jawa Tengah.

Rumah sederhana Firna di RT 6 RW 1 Karanggeneng, Kelurahan Sumurejo, Gunung­pati, Kota Semarang itu tam­pak penuh. Firna ditemani kedua orangtua dan adiknya langsung berbincang akrab dengan Nusron di ruang tamu berdinding papan.

Nusron mengatakan per­juangan Firna yang memulung untuk membiayai kuliahnya membuat Nusron bersimpati. Firna merupakan putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Misianto (47) dan Siti Siswati (45). Kedua orang tuanya berk­erja sebagai pemulung untuk menghidupi dia dan adiknya.

BACA JUGA :  Tukang Kasur Keliling di Sampang Cabuli Bocah 6 Tahun hingga Trauma

Alumni jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Unnes itu menjadi salah satu lulusan terbaik di kampusnya dan berpredikat cumlaude dengan IPK 3,77. Fir­na yang saat kuliah S1 itu men­dapat beasiswa Bidik Misi ini ingin sekali melanjutkan kuli­ah ke National University of Singapore dan memperdalam ilmu politiknya. Pihak univer­sitas sedang mengusahakan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) agar cita-cita Firna tercapai.

BACA JUGA :  Ditinggal Ibu Menyapu, Bocah di Makassar Terjebak Mesin Cuci

Menanggapi hal itu, Nus­ron datang dan bermaksud memberikan beasiswa bahkan sampai S3. Nusron mengata­kan Partai Golkar memberi­kan apresiasi dan bermaksud memberikan beasiswa. Jika beasiswa LPDP tidak diper­oleh, maka Partai Golkar siap membantu. “Kalau Firna tidak dapat beasiswa LPDP atau dari Dikti, Golkar akan take over. Langkah awal beasiswa yang ada dioptimalkan,” kata Nus­ron usai menemui Firna, Min­ggu (31/7/2016).

Untuk jangka pendek, Par­tai Golkar akan membiayai kursus Bahasa Inggris untuk meningkatkan nilai TOEFL yang merupakan syarat kuliah di luar negeri. “Langkah per­tama dikasih beasiswa tingkat­kan TOEFL,” tandasnya.

============================================================
============================================================
============================================================