BOGOR TODAY – Bupati Bogor, Ade Yasin, optimis Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terpilih menjadi venue utama dalam ajang Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan pada 2021 Sebab menurut Ade, lokasi Stadion Pakansari cukup strategis karena dekat dengan akses transportasi dan Ibu Kota DKI Jakarta jika dibandingkan dengan sembilan stadion kandidat lainnya yang diajukan oleh PSSI kepada FIFA.

“Bogor kan lokasinya strategis dari bandara dekat, Jakarta juga dekat dibandingkan daerah-daerah lain ya. Saya yakin Bogor akan menjadi venue utama Piala Dunia U-20,” kata Ade, Sabtu (26/10/2019).

Untuk itu, pihaknya akan segera melakukan serangkaian perbaikan dan perawatan infrastruktur guna memenuhi persyaratan. Masyarakat Kabupaten Bogor pun juga harus mendukung upaya tersebut.

“Kami akan siapkan, kami akan benahi infrastrukturnya untuk memenuhi syarat, kebersihan stadion, perawatan. Masyarakat juga harus mau mengatur sendiri, pedagang jangan berdagang sembarangan jangan sampai nanti mengecewakan,” tambah Ade.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan, memastikan pihaknya akan mengebut pembangunan sarana dan prasarana khusus disabilitas di Stadion Pakansari yang dimandatkan oleh FIFA dan PSSI.

Selain itu, pihaknya juga diminta untuk memperbaiki infrastruktur lainnya di dalam maupun luar kompleks Stadion Pakansari. Di sisi lain, terkait anggaran untuk perawatan tersebut, Dispora Kabupaten Bogor tidak hanya mendapat dana dari APBD, tetapi juga bantuan juga dari FIFA dan PSSI.

“Yang ditekankan pasca-peninjauan ke Stadion Pakansari yaitu infrastruktur dan fasilitas penunjang bagi difabel. Anggaran belum diketahui karena akan ada re-checking dari FIFA dan PSSI,” tutupnya. (net)