simulasi-arah-kiblat-masjid-al-aqsha-klaten-pakarfisika-001JAKARTA TODAY– Matahari akan melintas tepat di atas Kabah pada Jumat (15/7/2016). Peristiwa alam ini akan ter­jadi pada pukul 16.27 WIB atau pukul 17.27 WITA. Ini waktu yang tepat untuk memperbaiki arah kiblat salat Anda.

“Bayang-bayang suatu ben­da yang berdiri tegak lurus di mana saja pada jam itu akan mengarah ke Kabah,” ujar Di­rektur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ke­menterian Agama Muhammad Thambrin dalam siaran pers, Rabu (13/7/2016).

Thambrin menjelaskan, berdasarkan tinjauan astrono­mis/falak, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meluruskan arah kiblat, seperti menggunakan kompas, theodolit, serta fenomena po­sisi matahari melintas tepat di atas Kabah yang dikenal den­gan istilah istiwa a’zam atau rashdul kiblat.

Sehubungan itu, kaum muslimin dan pengurus tak­mir masjid/musala yang akan memverifikasi kesesuaian arah kiblat, dapat melakukan lang­kah-langkah sebagai berikut:

Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lu­rus atau pergunakan lot/ban­dul; Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan ketiga, jam penguku­ran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.

Jika ketiga tahapan itu su­dah dilakukan, maka bayangan benda yang digunakan untuk memverifikasi itu akan menga­rah ke Kabah.

Fenomena alam yang sama juga terjadi pada Jumat 27 Mei 2016. Saat itu, matahari melintas tepat di atas Kabah pada pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA. (Yuska Apitya/dtk)

loading...