BOGOR TODAY – Sejumlah anggota DPRD Kota Bogor didampingi Dinas Kesehatan Kota Bogor beserta tim Labkesda melakukan tes kesehatan sebagai langkah antisipasi terpaparnya virus Corona, di Aula gedung DPRD Kota Bogor, Jl. Pemuda, Kamis (19/3/2020).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut diantaranya pengukuran cek suhu badan menggunakan alat Thermometer Infrared Carezoe, lalu pengukuran tensi darah kemudian terakhir dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Tristanto menjelaskan, bahwa hari ini DPRD Kota Bogor sengaja melakukan tes kesehatan untuk seluruh para anggota sekaligus sekretariat DPRD dan beberpaa pihak yang sering berinteraksi di gedung dewan ini.

“Ini memang sesuai dengan tupoksi serta tugas dari anggota DPRD yang seringkali membuat kita harus banyak menerima tamu, juga kita selalu bertemu dengan banyak orang termasuk berkunjung ke wilayah-wilayah lain,” ucapnya.

Ia berharap agar seluruh anggota dan para Sekertariat bisa melakukan langkah prepentif apabila ada hal-hal yang perlu kita waspadai.

“Sehingga kami berharap bahwa DPRD ini bisa menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota dan Pemerintah Pusat untuk bisa memaksimalkan dalam melakukan penanganan pencegahan penyebaran virus Corona yang saat ini melanda negara kita,” paparnya.

Selanjutnya, Kabid pencegahan dan penanggulangan penyakit Dinkes Kota Bogor, dr. Oki Kurniawan mengatakan, kegiatan ini hanya untuk melihat keadaan kondisi fisik para anggota DPRD, apakah ada gangguan kesehatan atau tidak. Salah satu langkah usaha awal yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan untuk langkah selanjutnya.

“Sebenarnya ini permintaan dari anggota DPRD, karena para anggota baru pulang kunjungan kerja dari NTB. Kalau beliau sehat Insha Allah tidak ada apa-apa, karena pulau NTB bukan daerah yang merah dalam zona covid-19 jadi berbeda dengan pulau Bali. Alhamdulillah mereka sehat dan sudah lebih dari 14 hari bahkan lebih dari 24 hari setelah mereka pulang dari kunjungan kerjan,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya melakukan kegiatan ini sebagai langkah yang pertama sesuai permintaan para DPRD dan langkah yang kedua mengantisipasi agar para Anggota DPRD dalam kondisi sehat.

“Hari ini hanya pemeriksaan fisik berupa tensi tekanan darah dan suhu, kemudian untuk labnya hanya memeriksa darah rutin yang terdiri dari HB, leukosit, trombosit dan hematokrit yang disebut H2TL, itu hanya melihat infeksi yang terjadi pada anggota DPRD,” pungkasnya.

Untuk hasil tes darah para anggota dewan akan di beritahukan besok dan pada hari ini akan dilakukan pemeriksaan langsung oleh Kepala Labkesda. (Adit)

loading...