BOGOR TODAY – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengelar kegiatan diklat pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila bagi guru mata pelajaran PPKn se Jabodetabek berlangsung di Hotel Aston Kota Bogor mulai 4 Agustus sampai 7 Agustus 2020.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi membuka kegiatan tersebut mengatakan, lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila.

“Selain itu juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan,” papar Yudian.

Dia menambahkan, penyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Sementara itu Direktur Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Marsudi Sarwono menambahkan mengajar PPKn pada jaman milenial ini tidak boleh ceramah saja,”Harus bervariasi dan banyak games, agar generasi milenial tidak ngantuk,”katanya.

Pemerhati Pendidikan Kota Bogor Heru B Setyawan menuturkan kegiatan ini sangat penting untuk Guru PPKn agar ada pemahaman yang sama mengenai ideologi Pancasila, yang sekarang banyak mendapat tantangan dari ideologi lain yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. (*)