JAKARTA TODAY- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan, persiapan DPR menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Gedung DPR, 2 Maret, telah selesai. Termasuk menyiapkan keperluan teknis seperti kursi khusus yang didesain secara spesifik untuk sang tamu negara tersebut.

Desain bangku itu, kata Fahri, dibuat dengan menyesuaikan bentuk dan postur tubuh Raja Salman. Tak hanya itu, usia Raja Salman yang telah mencapai 81 tahun juga menjadi pertimbangan pengadaan bangku khusus tersebut. “Bukan karena apa-apa. Kami menghormati tamu,” ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/2).

Fahri menjelaskan, perlakuan khusus bagi Kepala Negara juga pernah diterapkan pada era Presiden Soeharto. Kala itu, Soeharto menyediakan bangku khusus bagi Presiden Senegal yang tingginya lebih dari 2 meter. Contoh lain, lanjut Fahri, ada tangga dan kasus khusus yang disediakan Hotel Hyatt di Abu Dhabi bagi Sultan dan tamu khusus.

Fahri menjelaskan, dalam kunjungan perdana ke Indonesia itu, Raja Salman akan memberi pidato di Gedung Nusantara. Namun sama halnya dengan protokoler bagi kepala negara, Raja Salman akan terlebih dahulu berada di ruang tunggu hingga para peserta siap.

Dalam ruang tunggu, sejumlah pimpinan DPR akan berbincang dengan Raja Salman. Setelah para peserta siap, Raja Salman dan Ketua DPR Setya Novanto akan berada dalam satu lift menuju Ruang Rapat Paripurna I di Gedung Nusantara yang terletak di lantai 2.

“Satu lift dipakai Raja dan Ketua DPR. Sementara satu lift lagi untuk pimpinan DPR yang lain,” ujar Fahri.

Fahri menuturkan, pengamanan di Kompleks DPR juga telah disiagakan. Selain personel Kepolisian, TNI, dan Pengamanan Dalam DPR, intelijen dan Pasukan Pengamanan Presiden juga dikerahkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pengamanan konsepnya DPR sebagai objek vital karena menyangkut orang penting. Paspampres membantu keamanan VIP (Very Important Person),” kata Fahri.

Seluruh anggota DPR yang tengah melakukan reses dipastikan hadir dalam agenda kunjungan Raja Salman tersebut. Mereka telah diingatkan saat sidang paripurna terakhir. Sejumlah tamu undangan, seperti Duta Besar, Kapolri, Panglima TNI, dan petinggi negara juga telah dijadwalkan hadir dalam acara tersebut. “Persiapan tinggal tunggu baliho. Untuk acara sudah 100 persen,” ujar Fahri.

Raja Salman akan tiba di DPR pukul 13.00 WIB, Kamis lusa (2/3). Ia dan rombongan dijadwalkan ada berada di DPR selama 30 menit. Selain membawa rombongan sebanyak 1.500 orang, Raja Salman akan memboyong beragam kemewahan dari Saudi ke Indonesia, seperti tangga mororized-escalator yang dibawa dari Arab khusus untuk menurunkan sang raja dari pesawat. Tak hanya itu, Raja Salman turut membawa serta mobil mewah Mercy tipe S600. Selain bertemu Presiden Joko Widodo dan DPR, Raja Salman dan rombongan akan melakukan perjalanan ke Pulau Bali dan Lombok. (Yuska/cnn)

loading...