timnas-u-19_20160725_140538JAKARTA,TODAY-Timnas U-19 akan menjalani uji tand­ing perdana pada 5 Agustus mendatang. Laga itu menjadi penentu siapa saja 25 pemain yang bakal dibawa ke Piala AFF U-19 2016.

Timnas U-19 telah mengge­lar pemusatan latihan di pusat pelatihan usia muda PSSI di Bo­jongsari, Depok, Senin (25/7). Latihan perdana yang berlang­sung hari ini baru dihadiri 36 dari 40 pemain yang dipanggil. Empat pemain lainnya akan menyusul.

Pelatih timnas U-19, Edu­ard Tjong, hanya menyediakan waktu 10 hari kepada para pe­main untuk membuktikan diri. Skuat ‘Garuda Muda’ bakal dinilai sesuai dengan kriteria pemain yang diinginkan oleh Eduard.

“Setelah laga uji coba pada tanggal 5 dan 7 baru saya me­nentukan 25 pemain terbaik yang saya boyong,” kata pelatih yang akrab disapa Edu itu.

Usai mendapatkan 25 pe­main tersebut, Edu akan mem­bawa timnya ke Yogyakarta untuk fokus persiapan. Dengan waktu yang tak panjang, Edu ingin segera memantapkan tak­tik dan strategi terbaik.

“Selama di Yogyakarta, kami bisa melakukan banyak uji tanding seperti di Sleman dan Semarang. Intinya, saya ingin membawa pemain agar bisa beradaptasi dengan sua­sana penonton yang tinggi dan harus bermain di Divisi Uta­ma,” katanya.

Piala AFF U-19 akan digelar di Hanoi, Vietnam, pada 11 hing­ga 24 September mendatang. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan Thai­land, Laos, Myanmar, Australia dan Kamboja.

Sementara itu, Pemusatan latihan perdana timnas U-19 disambut antusias oleh penjaga gawang Awan Setho Raharjo. Meski diakuinya cukup berat, Awan tetap melahap menu lati­han dengan baik.

Pada sesi latihan perdana di pusat latihan usia muda PSSI di Bojongsari, Depok, Senin (25/7), timnas U-19 men­jalani tes fisik terlebih dahulu. Itu dilakukan untuk mengem­balikan kebugaran para pe­mainnya.

Dimulai pukul 07.30 WIB, para pemain melakukan beber­apa tes secara langsung, mulai dari tes kebugaran, beep test dan sesi game.

Untuk sesi game, ke 36 pe­main tersebut dibagi menjadi tiga kelompok dengan meng­gunakan rompi kuning dan oranye. Ketiga kelompok itu bermain secara bergantian se­lama 20 menit.

Pada latihan game tersebut, Dimas Drajat sempat berhasil menciptakan satu gol.

Awan tak menampik jika latihan kali ini cukup menguras tenaga. Namun, itu tidak dija­dikan masalah bagi kiper yang sempat tampil di Piala AFF 2013 lalu itu.

“Ya, memang latihan cukup berat tapi kami sebagai pemain menjalani saja dengan baik. Habis fisik langsung ke game, memang melelahkan tapi tidak masalah,” ujar singkat Awan Setho usai latihan.

Timnas U-19 dijadwalkan menggelar latihan dua kali se­hari, pagi dan sore. Pemusatan latihan ini dilakukan selama 10 hari mendatang. Setelah itu, mereka rencananya melaku­kan ujicoba pada 5 September.(Imam/net)

loading...