Untitled-15DALAM menjalankan tugas dan tanggungjawab kepemimpinan di seluruh peringkat, siapa saja akan mendapatkan dua hal. Yak­ni: pujian dan kritik. Kedua hal ini akan sangat menentukan, se­berapa besar kepemimpinan memberi dampak kinerja.

Bang Sem Haesy

PRABU Siliwangi dan Prabu Siurawisesa memperhatikan dengan seksama kedua hal ini dalam menjalankan selu­ruh aspek kepemimpinan­nya. Pujian yang diberikan para peneliti Barat (Eropa) tidak membuat Prabu Sili­wangi dan Prabu Surawis­esa melambung. Begitu juga ketika menerima kritik, tak membuatnya limbung.

Tentang kedua hal terse­but, sanghyang siksakandang karesian memberikan isyarat yang menarik: Nya mana kitu, lamun a(ng)geus di karma ning akarma, di twah ning atwah, a(ng)geus pahi kaiilikan nu gopel nu rampes, nu hala nu hayu. Kitu la­mun aya nu muji urang, suita, maka geuing urang, gumanti pulangkeun ka nu muji, pakeun urang mo kap­entingan ku pamuji sakalih.

Isyarat Sanghyang Siksakanda Karesian itu maknanya adalah : Kerja ikhlas yang berbuah kinerja baik bukan sesuatu yang harus dihi­tung-hitung faedahnya. Karenanya, bila selesain menunaikan semua pekerjaan, periksalah kembali mana yang belum dan sudah optimal dik­erjakan. Begitu pula, bila ada yang memuji kita, hendaknya merendah-hati, menyadari apa yang sungguh sudah dicapai. Lalu pulangkan kem­bali kepada yang memuji. Hal ini perlu dilakukan supaya kita tidak terlena oleh pujian.

BACA JUGA :  Bandar Sabu di Bogor Berhasil Ditangkap, Polisi Temukan Barbuk 57,78 gram

Isyarat ini mengingatkan kita un­tuk tidak menjadi pemburu pujian. Karena kerja ikhlas yang dilakukan, memang hanya untuk mencapai nilai atau hasil kerja optimum dan berkualitas.

Bekerja dengan mencari pujian, ibarat manusia yang hendak punya belalai. Dalam Sanghyang Siksakan­dang Karesian disebutkan : Lamun urang daek dipuji ma kadyangga ning galah dawa sinambungan tuna, rasa atoh ku pamuji. A(ng)geus ma dipake hangkara ja ngarasa maneh aya di imah maneh, ku hakan ku inum, ku suka ku boga, ku paka­rang, teka dipake anggeuhan. Eta kangken galah dawa ta. Eta Kangken pare hapa ta ngara(n)na.

Maknanya; Bila kita senang dipu­ji, kita ibarat galah panjang yang hen­dak disambung (lagi dengan) ranting, seperti mempunyai belalai laksana gajah. Akhinya menjadi pongah, takabur, karena merasa diri hebat. Apalagi mengharapkan pujian kare­na merasa mempunyai harta berke­cukupan di rumah. Itulah yang dis­ebut galah panjang atau padi hampa.

BACA JUGA :  4 Bahan Sederhana Bisa Bikin Cemilan Enak, Ini Dia Cara Membuat Jasuke di Rumah

Esensi dari isyarat ini adalah ke­mauan dan kemampuan mengenda­likan diri secara proporsional dan wajar. Dengan bersikap wajar, ketika mendapatkan kritik, kita akan biasa-biasa saja. Dan semestinyalah, pem­impin memang harus berani men­erima kritik.

Kitu, lamun aya nu meda urang, aku sapameda sakalih. Nya mana kadyangganing galah cedek tinugelan teka. Upamana urang kudil, eta kangken cai pamandyan. Upamana urang kurit kangken da­tang nu ngaminyakan. Upamana urang ponyo kangkn datang nu mere kejo. Upamana urang henaang kangken (datang nu) mawakeun aro­teun. Upamana urang handeueul kangken (datang) nu mere se­upaheun. Ya sinangguh panca par­isuda ngara(n)na. Eta kangken galah cedek tinugelan.

Terimalah kritik dengan lapang dada. Hal itu ibarat galah sodok di­potong runcing. Kritik itu, ibarat air pemandian kala kita sedang dekil dan lusuh. Ibarat minyak yang dibal­ur ke kulit kita yang kering dan busi­kan. Ibarat nasi yang datang kala kita sedang lapar. Ibarat minuman (lahang) yang dihantar kala kita da­haga. Ibarat sirih pinang yang dihan­tar kala kita sedang kesal hati. Kritik inilah yang disebut panca parisuda, lima penawar yang diperlukan.

============================================================
============================================================
============================================================