14C75_002SEJAK tahun lalu Mercedes-Benz (MB) Indonesia sudah menyatakan ingin meluncurkan generasi terbaru V-Class pada 2016. Kini, jadwalnya sudah resmi ditetapkan, yakni 30 Maret 2016.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Kendati diprediksi penjualan masih lesu, Mercedes-Benz (MB) Indonesia bakal terus berusaha mempertahankan peringkat nomor satu di seg­men premium. Memperkenal­kan model baru jadi salah satu strategi pemasaran yang efek­tif.

Hal itu diungkap langsung oleh MB Indonesia dan seperti tertera dalam surat elektronik, MB Indonesia mengatakan V-Class terbaru adalah teman travel buat keluarga atau kera­bat bisnis untuk pergi ke mana saja.

Generasi terbaru atau keti­ga V-Class (W447) telah melaku­kan debutnya pada 2014. Pengembangannya sekarang khusus dilakukan oleh divisi mobil penumpang Mercedes- Benz, jadi pembedanya jelas dengan versi mobil komersial Vito.

V-Class terbaru dilengkapi mesin diesel 4-silinder 2.1L common rail injeksi langsung dengan tiga pilihan tenaga, yaitu 136 tk, 163 tk, dan 190 tk. Selain itu juga terdapat opsi mesin 2.1L versi BlueTec yang lebih irit dengan tenaga lebih besar. Semuanya dilengkapi dengan transmisi otomatis 7G-Tronic Plus.

Di negara asalnya, Jerman, V-Class telah dilengkapi cross­wind assist dan attention as­sist sebagai fitur standar. Fi­tur optional termasuk kamera parkir 360 derajat, active parking assistance system, dan transmisi otomatis 7G-Tronic Plus.

Keleluasaan kabin jadi ciri khas model boxy ini. Konfig­urasi tempat duduk bervariasi, bisa saja diubah menjadi jok in­dividu buat penumpang tengah dan belakang.

MB Indonesia juga men­gungkap All-New V-Class akan datang ke Indonesia Interna­tional Motor Show yang digelar pada 7 – 17 April. Sepertinya ke­hadiran V-Class di sana dalam misi menggenjot

penjualan sebab jelas peluncurannya dilakukan lebih dulu. (/net)