BOGOR TODAY – Aksi bersih dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dengan motto “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih Sehat dan Bernilai” PDPPJ bersama berbagai elemen, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PJLHK), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor.

Kegiatan yang dimulai Senin 4 Maret 2019 pukul 07.00 WIB ini melakukan aksi bersih-bersih di kawasan sekitaran Pasar Bogor dan Plaza Bogor, jalan Suryakencana, Bogor dengan tiitik kumpul di trotoar depan Vihara Dhanagun.

Apel pagi dibuka oleh Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Asep Sugiarta. Sambutan diberikan oleh Direktur Utama PDPPJ, Muzakkir. Muzakkir menyambut baik aksi tersebut dan PDPPJ siap menjadikan pasar di Kota Bogor menjadi bersih dan bebas dari plastik. Langkah pertama yang akan diambil PDPPJ adalah memberikan edukasi kepada para pedagang untuk memilah sampah.

“Pemilahan sampah menjadi langkah pertama yang akan diterapkan PDPPJ dengan harapan proses pengolahan sampah selanjutnya akan lebih mudah dan lancar. Selain itu  aksi kali ini diharapkan mampu memberikan edukasi sehingga warga menjadi lebih sadar dalam menjaga kebersihan pasar sehingga menjadi sehat,” kata Muzakkir.

Kegiatan gotong royong mulai dilakukan petugas K3 PDPPJ bersama elemen masyarakat lainnya dengan mengangkut sampah ketempat pembuangan sampah (TPS) yang sebelumnya mereka bersihkan sampah-sampah plastic dititik strategis sekitaran Pasar dan Plaza Bogor.

Selain itu, dalam aksinya K3 dan peserta lainnya juga membawa goodie bag (kantong ramah lingkungan) yang dibagikan kepada pengunjung  yang masih menggunakan kantong plastik untuk membawa hasil belanjaannya sambil memberikan edukasi tentang penggunaan kantong ramah lingkungan, hal ini dilakukan untuk menekan angka penggunaan plastik. (Rifky S)

loading...