JAKARTA TODAY Awal 2020, beberapa daerah Indonesia diguyur hujan deras sepanjang hari. Saat musim hujan seperti ini, biasanya daya tahan tubuh mudah menurun sehingga lebih rentan terserang berbagai penyakit, salah satunya flu.

Ketika terserang flu, umumnya tubuh Anda akan terasa tidak enak dan lemas. Hal ini tentu dapat menghambat Anda untuk beraktivitas. Untuk itu, sebelum musim hujan datang, persiapkan diri Anda terlebih dahulu untuk menghadapinya.

Selain mengenakan baju hangat dan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, makanan yang dikonsumsi pun perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan hangat di musim hujan. Salah satu makanan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi flu ialah sup ayam

Dilansir dari Good Food, Beberapa minggu lalu. menurut Dr. Stephen Rennard, ahli paru dari Nebraska Medical Center, sup ayam yang terbuat dari berbagai macam bahan dapat membantu meringankan gejala flu dan mengurasi sumbatan lendir di hidung.

Sup ayam yang memiliki kandungan air pun dapat membantu Anda terhindar dari dehidrasi. Memiliki cita rasa yang kaya akan bumbu, sup ayam akan lebih sedap jika disajikan saat masih hangat.

Di bawah ini ialah resep sup ayam ala Chef Rudy Choirudin yang dilansir dari akun Instagram @rudydansahabat, Beberapa minggu lalu.

Bahan-bahan dan Proses Pembuatan

Bahan 1:

1/2 ekor ayam, potong 10 bagian

1 sdt merica bubuk

2,5 sdt garam

1 sdt gula pasir

1.800 ml air

1 batang daun bawang, rajang 1 sentimeter

2 batang seledri, ikat

Bahan 2:

4 sdm minyak goreng

5 siung bawang putih, rajang

5 buah bawang merah, rajang

Bahan 3:

200 gr kentang, potong dadu

1 buah wortel, potong bulat

100 gr buncis, potong 2 sentimeter

100 gr kembang kol, potong atas kuntumnya

150 gr kol, potong segitiga

Bahan 4: 

– 1 sdm bawang goreng

Cara Pembuatan:

1. Masukkan ayam ke dalam 1.800 ml air dan tambahkan merica bubuk, garam, gula pasir, batang daun bawang, dan batang seledri.

2. Setelah itu, rebus ayam beserta semua bumbu selama 20 menit dengan api sedang hingga ayam mulai empuk

3. Panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih hingga kekuningan. Lalu masukkan bawang merah dan tumis hingga harum.

4. Masukkan bumbu tumisan tersebut ke dalam rebusan ayam.

5. Tambahkan kentang, masak hingga cukup matang.

6. Masukkan wortel, buncis, kol dan kembang kol

7. Setelah semuanya matang, angkat dan sajikan sup ayam dengan taburan bawang goreng di atasnya selagi masih hangat. Seperti yang dikutip Liputan6.com (Viana/pkl/net)

loading...