MAKASSAR TODAY – PSM Makassar menyudahi perjuangan di babak kualifikasi AFC Cup 2020 dengan manis setelah menaklukkan Lalenok United. Torehan itu membuat skuat Juku Eja-julukan PSM Makasar, melaju ke putaran final turnamen Asia tersebut.

Lolos di AFC Cup 2020, PSM Makassar akan tergabung ke grup H. Ferdinand Sinaga dkk akan bersua dengan Tampines Rovers dari Singapura, Kaya FC asal Filipina dan perwakilan Myanmar, Shan United.

“Ini grup yang keras dan tentunya turnamen ini bakal keras juga. Di pertandingan away juga pasti akan sengit dan pastinya sulit untuk dimenangkan,” kata pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak.

Pada babak kualifikasi, PSM Makassar tampil meyakinkan melawan wakil Timor Leste. Secara agregat anak asuh Bojan unggul 7-2, dengan rincian kemenangan 1-4 pada laga away dan kemenangan 3-1 pada laga home di Stadion Pakansari, Rabu (29/1/2020) kemarin. seperti dikutip dari sindonews.

Perjuangan PSM Makassar di leg kedua, sedianya pantas diacungi jempol. Skuat Juku Eja mampu menaklukan Lalenok United, meski harus bermain dengan sembilan pemain.

Dua penggawa Juku Eja, Wiljan Pluim dan M Arfan diganjar kartu merah. Pluim diusir dari lapangan menit 32 dan Arfan menyusul pada menit 58.

“Saya bisa bilang dia (wasit) tidak bagus. Ada dua kartu kuning yang diberikan (ke pemain kami) dalam waktu singkat. Padahal, pemain Lalenok yang lebih dulu menendang (Pluim),” keluh Bojan.

Gol pembuka PSM dicetak oleh Giancarlo Rodrigues menit ke-5, disusul sundulan Ferdinand Sinaga menit 58. Lalenok United sempat memperkecil lewat gol Fransisco da Costa menit 51, namun dituntaskan oleh Irsyad Maulana menit ke-84.

Pelatih Lalenok United, Yantje Metmey mengakui kekalahan dan keperkasaan PSM Makassar. Timnya telah berusaha maksimal, namun harus takluk dengan skor 3-1.

“Kami harus mengakui bahwa kemenangan yang diraih PSM memang layak, dan kami harus banyak belajar. Kami sudah maksimal karena memanfaatkan kelebihan pemain. Tapi PSM lebih baik dari kami, dan itu akan kami perbaiki untuk pertandingan selanjutnya,” tandasnya.(Dena/PKL/Net)