SEMARANG TODAY- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Jakarta hingga Surabaya bakal tersambung tol pada akhir 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikannya saat meninjau progres pengerjaan tol Bawen-Salatiga, Semarang, Sabtu (8/4/2017).

“Kita berharap, Insya Allah nanti 2018 akhir, Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Surabaya tersambung,” katanya.

Jokowi optimistis target itu bisa terwujud karena pengerjaan sejumlah ruas Trans Jawa terus dikebut, termasuk pengadaan tanah. Tol dari Jakarta sampai Semarang dapat dilalui pada mudik Lebaran tahun ini. Begitu pula dari Semarang hingga Surabaya.
Khusus untuk tol Semarang-Solo sepanjang 74 km saat ini pembebasan lahan di tiap seksi rata-rata telah mencapai angka 98%

“Alhamdulillah, tadi saya tanyakan, hampir rata-rata di setiap ruas, seksi, 97-99% lahan sudah terbebaskan. Tadi saya sampaikan ke menteri PU, percepat konstruksi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak awal menargetkan akan membangun 1.000 km jalan tol dalam 5 tahun masa pemerintahannya. Sejumlah upaya dilakukan agar target tersebut bisa terealisasi. Di antaranya dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam berinvestasi.

Beberapa terobosan tersebut di antaranya mulai dari penyederhanaan proses pengadaan infrastruktur, fasilitasi persiapan proyek, dukungan pengadaan dan pembebasan lahan melalui pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), pemberian fasilitas fiskal, dan adanya jaminan dari pemerintah melalui PT Penjamin Infrastruktur Indonesia.(Yuska Apitya/dtk)

loading...