BOGOR TODAY – Memasuki waktu subuh pada Indonesia bagian Barat, warga dihebohkan oleh fenomena gerhana bulan. Fenomena gerhana bulan ini merupakan gerhana bulan terakhir di tahun 2019 ini.

Dilansir dari media detik.com, Fenomena alam gerhana Bulan yang terjadi pada Rabu (17/7/2019) menjadi pembahasan hangat para netizen di Tanah Air. Tak pelak tagar #gerhanabulan pun menjadi trending topik Twitter Indonesia.

Banyak netizen yang mengunggah foto-foto gerhana Bulan hasil jepretannya, baik dari kamera maupun ponsel. Tapi ada pula yang curhat sedih melewatkan momen gerhana yang akan menjadi terakhir terjadi di 2019 ini.

Gerhana bulan yang akan terjadi Rabu dini hari (17/7/2019) merupakan gerhana bulan terakhir dalam tahun 2019. Fenomena ini merupakan jenis gerhana bulan parsial, karena masih ada yang tampak sebagian.

Fenomena bulan parsial ini terjadi karena titik orbit kesejajaran antara matahari, Bumi, dan bulan agak miring, sehingga menampakkan bulan sebagian dengan bayangan umbra.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (16/7) gerhana bulan parsial kali ini akan berdurasi 5 jam 3,74 menit. Waktu terjadinya fase gerhana adalah sebagai berikut:

Gerhana mulai: 01.42 WIB
Gerhana sebagian mulai: 03.01 WIB
Puncak gerhana: 04.30 WIB
Gerhana sebagian berakhir: 06.00 WIB
Gerhana berakhir: 07.19 WIB.

(Fadya)

loading...