kampanyekan-prabowo-amien-rais-singgung-masalah-freeportJAKARTA, TODAY—Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ar­candra Tahar ber­janji akan tegas terhadap semua investor sek­tor en­ergi agar mengikuti peraturan h u k u m yang ber­laku di In­donesia. M e n u ­r u t nya , pelaksanaan investasi di sek­tor energi yang mengikuti ko­ridor dan ketentuan hukum bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar.

Arcandra mencontohkan salah satu investor yang bakal dipaksanya mengi­kuti ketentuan perundang-undangan adalah PT Freeport Indonesia. Ia men­egaskan, apabila tetap ingin beroperasi di Indonesia maka perusahaan tam­bang asal Amerika Serikat itu harus mengikuti peraturan.

Dengan kata lain, ia akan memaksa Freeport menjalankan kewajiban di­vestasi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2014 dan melanjutkan pembangunan smelter di dalam negeri.

“Freeport itu kan investor, se­dangkan kami harus memastikan investor investasikan dana dan beru­saha melakukan bisnis sesuai dengan perundang-undagan yang berlaku,” jelas Arcandra, Jumat (29/7/2016).

Ia melanjutkan, pelaksanaan in­vestasi di Indonesia harus berland­askan asas kemakmuran bagi rakyat Indonesia. Hal itu, jelasnya, akan didapat dari penanaman modal jika investor taat pada ketentuan negara. Maka dari itu, diperlukan hukum yang mengikat agar investor mau mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia.

“Sumber daya alam Indonesia harus digunakan demi kemakmuran rakyat Indonesia. Tentu diperlukan kepastian hukum bagi investor agar investasi yang ditanamkan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” te­gas Arcandra.

Kendati demikian, ia juga berjanji akan bersikap adil dengan investor. Arcandra mengatakan akan terus memgakomodasi keinginan investor agar proyek investasinya bisa berjalan dengan lancar di dalam negeri. Kare­na menurutnya, peran sektor swasta tentu akan selalu diperlukan untuk membantu pemerintah menjaga per­tumbuhan ekonomi.

Namun tentu saja ia berjanji akan membuat proses bisnis yang lebih transparan dan memiliki akuntabili­tas yang mumpuni.

“Contohnya seperti minggu de­pan, saya akan mencoba bertemu dengan para investor dan para opera­tor. Akan kami jadwalkan, kami den­gar masalahnya di mana dan seperti apa, dan tentu kami akan mendengar, kira-kira apa yang bisa dibantu sesuai dengan kewenangan Kementerian ESDM,” tuturnya.

(Alfian M|cnn)

loading...