11061654_980092985347690_7508450136313441846_n

PENCAPAIAN luar biasa telah diraih Gerakan Pramuka Kwarcab kota Bogor selama lima tahunini. Tak hanya dari sisi prestasi dan tingkat partisipasi. Pendidikan gerakan kepanduan ini juga telah membuktikan sebagai wadah generasi muda yang mampu mendorong kreativitas dan karakter positif.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Di ujung perhelatan ak­bar Kwartir Cabang Kota Bogor, Jambore Cabang dan Lomba Keterampilan Pramuka Penggalang (LKPP) Kota Bogor Tahun 2015, yang ber­langsung pada 28-31 Mei 2015 lalu di Bumi Perkemahan Cibu­bur, penyelenggara ternyata mendapat kejutan besar angka partisipasi peserta Jamcab 2015 dibanding jambore sebelum­nya. Hasil pendataan menye­but 2033 orang peserta yang terdiri dari 1063 peserta putra dan 970 orang putri. Selain itu, kemegahan dan akbarnyaacara juga dimeriahkan oleh berpartisipasinya para pembina pendampingyang terdaftar se­banyak 301 orang. Di luar itu, banyak pembina dari peserta yang ternyata ikut mengirimkan lebih dari 3 orang. Jumlah partisipan itu belum termasuk panitia dan para tamu undangan yang ikut meramai­kan dan menghangatkan suasana.

Catatan partisipasi itu jelas mengalami pening­katan yang sangat hebat dibandingkan Jambore Cabang sebelumnya yang digelar di lapangan Yonif 315 Gunung Batu Keca­matan Bogor Barat Kota Bogor, April 2010 lalu. Jam­bore Cabang saat itu diikuti oleh 304 anggota pramuka penggalang SMP, dan 363 anggota penggalang SD, ditambah 49 pendampingutusan dari Gugus Depan (Gudep) yang tergabung dalam kontingen Kwartir Ranting Pramuka se-Kota Bogor. Itulah sebabnya, Sekre­taris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayatyang juga merangkap sebagai Ketua Kwarcab Kota Bogor sangat mengapresiasi partisipasi peserta Jamcab Kota Bogor dan LKKP Tahun 2015. “Par­tisipasi dan kemeriahan dalam Jambore Cabang bisa dilihat sebagai salah satu barometer menin­gkatnya kepesertaan pramuka dan gairah kepan­duan di Kota Bogor,” ujar Ade.

Ade juga sekaligus menyampaikan terima kasih atas kesungguhan anggota pramuka di Kota Bogor sehingga Kwartir Cabang Kota Bogor Masuk Kedalam Kwartir Cabang Tergiat ke-3 di Jawa Barat dan Kwartir Tergiat 2 di wilayah 1. “Kita bersyukur dengan hasil ini. Terlebih lagi, penilaian ini dilakukan 5 tahun sekali ini oleh Kwartir Daerah Jawa Barat yang diikuti oleh seluruh Kwartir Cabang se-Jawa Barat atau 26 Kwartir Cabang,” ujarnya.

Ia menambahkan agar pramuka Kota Bo­gor terus berprestasi sebagai generasi penerus bangsa. “Ini adalah bonus dari kerja keras dan totalitas dari keluarga besar pramuka Kota Bo­gor dalam menggerakkan dan membumikan gerakanpramuka di kota Bogor. Mudah-muda­han penghargaan tidak membuat semua pihak yang peduli dengan pramuka cepat merasa puas. Tetapi sebaliknya, terpacu untuk terus berbuat dan berkarya bagi gerakan pramuka kota Bogor,” paparnya. Sebagai catatan, Kwarda Jawa Barat memiliki lima aspek meliputi bidang organisasi, bidang pendidikan, pelatihan, dan penelitian, bidang kepramukaan dan satuan karya, bidang abdi ma­syarakat dan humas, serta bidang ad­minitrasi. “Al­hamdulilah, ternyata banyak kegiatan dan aktivitas pramuka Kota Bogor yang menonjol pada lima bidang tersebut dan diapresiasiKwarda,” ucapnya.

Kwartir Cabang (Kwarcab) GerakanPramuka Kota Bogor merupakan ke­giatan rekreasi edukatif di alam ter­buka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang. “Jamcab meru­pakan program yang dicanangkan se­tiap lima tahun sekali secara berjenjang mulai dari tingkat kota, provinsi dan na­sional.Tujuannya sendiri untuk mem­bentuk karakter pramuka penggalang,” kata Ketua Panitia Pelaksana Jambore Cabang V Kota Bogor, Setiabudi.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Kota Bogor, M Nurnawaly Amin menguraikan, kegiatan Jamcab bertema “Bersatu Teguh Menuju Kota Bogor Lebih Maju” merupakan arena untuk melatih keterampilan dan pendidikan karakter. “Kegiatan meliputi, kegiatan umum, life skill, adventure, bakti dan wawasan, permainan tradisional, seni budaya dan binawasa,” paparnya. Tak berbeda dari sebelumnya, sasaran yang ingin dicapai setelah mengikuti jambore agar para anggota pramu­ka penggalang dapat memperoleh peningkatan disiplin, pengetahuan, pengalaman, dan kepemimpinan, pembinaan di bidang mental spiritual, dan sikap semangat kekeluargaan dan gotong royong yang lebih mantap dan semakin memiliki pengetahuan spesifik di berbagai bidang. Melalui kegiatan Jamcab dan prestasi yang dicapai sebagai Kwartir Cabang Tergiat ke-3 di Jawa Barat, panji pramuka berkibar hebat. Se­mentara semangat jiwa kepanduan sema­kin berkobar

loading...