JAKARTA TODAY – Seorang tamu Airbnb sempat diancam akan dilaporkan ke pihak penyedia layanan akomodasi itu, oleh pemilik kamar. Gara-garanya adalah urusan mandi.

Kisah unik antara tamu penyewa dan pemilik Airbnb seolah tak ada habisnya diperbincangkan. Mulai dari kelakuan tamu yang merusak fasilitas sampai peristiwa pembunuhan pernah terjadi di hunian-hunian yang disewakan melalui Airbnb.

Kali ini, seorang tamu Airbnb membagikan pengalamannya menginap melalui forum diskusi di Reddit. Dilansir dari Fox News, Selasa (14/1/2020), ia bercerita di forum yang biasanya digunakan orang untuk meminta saran dari komunitas online mengenai situasinya ketika menginap di salah satu kamar di New York.

“Saya tinggal di kamar pemilik (seorang wanita berusia 24 tahun) sementara ia tidur di kamar temannya,” tulisnya.

“Saya datang setelah penerbangan selama 8 jam, sekitar pukul 3 pagi berdasarkan jam saya tapi pukul 10 malam di New York. (Kemudian) bertemu dengan pemilik yang dengan cepat menunjukkan kamar mandi dan kamar tidur. Saya mengatakan padanya bahwa saya lelah, saya hanya ingin tidur.”

Jack pun akhirnya tidur lalu terbangun pada pukul 4 pagi. Saat itu, ia menemukan sebuah surat yang ditulis tangan yang diletakkan di bawah pintu. Surat itu bertuliskan kritik padanya karena tidak sopan dan mengancam akan melaporkan dirinya ke Airbnb.

Berikut ini isi lengkap dari surat tersebut.

“Hai, ini mungkin pertama kalinya Anda menggunakan Airbnb sehingga Anda perlu memahami sejumlah standar etik. Airbnb merupakan layanan hosting jadi itu sangat berbeda dengan hotel atau motel. Anda harus menjaga ruangan tetap bersih dan bebas dari bau karena Anda tinggal di ruangan orang lain.

Setelah berada dalam penerbangan, Anda punya bau badan yang kuat tetapi Anda tidak mandi sebelum tidur. Sebagai pemilik ruangan, kasur dan sprei, saya sangat tidak senang dengan hal tersebut. Anda tidak menghargai kebersihan ruangan saya. Ingatlah ini selama masa inap Anda.

Saya mungkin harus melapor ke Airbnb jika Anda gagal menjaga kebersihan pribadi dan menurunkan kualitas kamar saya. Salam, Clara”

Jack juga menjelaskan dalam postingan itu bahwa ia adalah tipe orang yang akan mandi di pagi hari. Lebih lanjut, Jack menegur Clara karena menyewakan kamar tapi khawatir dengan orang-orang.

“Maksudku, aku mengerti, tidak ada yang mau kamar bau, tapi aku berasumsi dia mengganti seprai ketika seseorang menginap,” tulisnya.

Postingan Jack ini ramai diperbincangkan publik Reddit. Beragam komentar pun mereka lontarkan meskipun lebih banyak yang membela Jack.

“Ini adalah alasan besar untuk tidak menggunakan Airbnb. Anda berhak mengatakan sesuatu kepada perusahaan tentang tuan rumah yang membuat Anda merasa tidak nyaman,” tulis satu orang.

“Apakah tuan rumah Anda tidak berencana mencuci tempat tidur di antara kedatangan tamu?”

“Ini luar biasa. Seperti yang Anda katakan, jika dia tidak ingin ‘kebodohan’ orang lain, dia seharusnya tidak menyewakan kamarnya atau memiliki alternatif lain. Maksudku, bagaimana jika ada pasangan yang ada di sana? Apakah dia akan mendikte persyaratan itu? Dia sepertinya menginginkan penghasilan dari hosting tetapi tidak mau repot,”

Seperti yang dikutip dari detiktravel, jika dilihat dari Pedoman Komunitas Airbnb, bau akibat tidak mandi sebenarnya tak menjadi alasan langsung dari keluhan pemilik ruangan. (Amanda/PKL/net)

loading...