BOGOR TODAY – Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan dengan tegas akan tetap melaksanakan pembenahan proyek infrastruktur di sekitar Stadion Pakansari meski tidak masuk kategori venue Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan pada 2021 mendatang.

Diketahui, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung bersama Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Jakabaring, Stadion Manahan, Stadion Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta dipilih sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ade mengaku, bahwa dirinya baru mengetahui jika Stadion Pakansari, Cibinong tidak masuk dalam kategori. Pasalnya, Kata Ade, ia belum mendapat surat pemberitahuan dari PSSI.

Namun, Ade berharap ada keajaiban hingga stadion kebanggaan warga Bogor ini terpilih FIFA (Fédération Internationale de Football Association) maupun PSSI menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia.

“Proyek rehabilitasi Stadion Pakansari, memperlebar dan memperbaiki Jalan Raya Kandang Roda-Sentul, pembangunan taman hingga Tugu Selamat Datang Piala Dunia U-20 itu rencana kami yang sudah lama dirancang dan kebetulan ada ajang Piala Dunia U20, proyek-proyek insfrastruktur tersebut tetap akan kami jalankan sambil mengharap ada keajaiban,” tegas Ade, Selasa (30/6/2020).

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor Bambang Setiawan menerangkan proyek memperbaiki dan memperindah Stadion Pakansari, Cibinong dilakukan secara bertahap dengan total anggaran Rp26 miliar dengan dibagi dua tahap.

“Tahap pertama ini pagu anggarannya Rp8 miliar dan tahap selanjutnya pagu anggaran tersisa Rp18 miliar lagi dan kami berharap semoga proyek ini sudah selesai dikerjakan sebelum April atau Juni 2021 mendatang,” jelasnya.

Dikabarkan sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo menyebut sebanyak 15 bangunan sudah diratakan dengan menggunakan alat berat. Peningkatan jalan dari simpang kandang roda hingga lingkar GOR Pakansari, serta pembuatan pedestrian mulai dari SPBU hingga Gor Pakansari.

“Masing-masing perangkat daerah terkait saat ini sudah mulai bergerak melakukan persiapan pembangunan sesuai tugasnya masing-masing. Detail Engineering Desain (DED) selesai dibuat dan sudah masuk proses pelelangan,” kata Joko di Gedung Bappedalitbang, Jumat (28/2/2020) lalu.

Selain mempercantik kawasan, sambung Joko penertiban juga terus dilakukan guna optimalisasi penataan kawasan Jalan Kandang Roda Sentul hingga lingkar GOR Pakansari. Salah satunya penertiban sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap berjualan dikawasan tersebut.

“Kami juga libatkan Satpol PP Kabupaten Bogor. Mereka juga rutin lakukan Patroli mulai dari Cikempong hingga simpang Kandang Roda. Semua aspek mulai dari ketertiban, kebersihan dan penataan terus kami lakukan, ini bukti kesiapan kami dalam rangka menyambut piala dunia 2021 mendatang,” paparnya. (Bambang Supriyadi)