BOGOR TODAY – SDN Dewi Sartika 1, 2 dan 3 yang terletak di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, mulai diperbaiki.

Pasalnya, ketiga sekolah yang masing-masing memiliki dua lantai itu memang sudah lama terlihat kumuh dan rusak, terlebih pada bagian atap dan plafon bangunan. Kini, ketiga bangunan di sekolah tersebut dibongkar dan direhab oleh pihak ketiga.

Kepala SDN Dewi Sartika 1 Bogor, Imas Sumarni mengatakan, rehab atau revitalisasi untuk dua sekolah yakni SD 1 dan 2 itu merupakan perbaikan tahap lanjutan, di mana sebelumnya ruang kelas yang berada di lantai dua untuk SD 1 dan 2 itu sudah diperbaiki pada tahap pertama.

“Sekolah kami (SD 1 dan 2, red) bangunannya menyatu. Jadi, waktu tahap pertama perbaikannya bareng dan sekarang dilanjutkan untuk memperbaiki atap ruang kelas yang berada dilantai dua, masing-masing empat lokal. Dan di tahap lanjutan ini, perbaikannya di gabung dengan SD 3, jadi totalnya ada 16 lokal yang sedang diperbaiki,” kata Imas kepada Bogor Today, Senin (31/8/2020).

Lanjut Imas, dari empat lokal dua diantaranya tetap sama atapnya menggunakan kayu dan genteng yang terbuat tanah liat, sedangkan dua lokal lainnya menggunakan baja ringan sama halnya dengan SDN Dewi Sartika 3.

“Adanya perbaikan ini tentu kami pihak sekolah sangat berterima kasih kepada pemerintah, khususnya dinas pendidikan. Jadi, yang selama ini kami selalu dihantui rasa cemas, sekarang sekolah kami lebih aman dan nyaman,” ujarnya.

Senada, Kepala SDN Dewi Sartika 2 Bogor Wati Indrawati mengaku bersyukur karena perbaikan gedung sekolah ini sudah ditunggu sejak dulu. Hal itu didasari karena kondisi sekolahnya sudah mengkhawatirkan, sehingga perlu adanya perbaikan.

“Kami merasa bersyukur dan senang ya. Dan ini memang kami tunggu-tunggu sejak lama. Jadi kami sangat berterima kasih kepada pemerintah sudah memperhatikan sekolah kami ini dari segi sarana dan prasarananya,” katanya.

Dia menuturkan, perbaikan atap bangunan sekolah ini sudah di mulai sejak 18 Agustus lalu dan akan selesai pada akhir tahun. “Kalau dilihat masa pengerjaannya 120 hari kerja atau di bulan Desember. Kami berharap rehab ini bisa selesai tepat waktu,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala SDN Dewi Sartika 3 Bogor, Dianawati mengatakan, bahwa kondisi sekolahnya itu memang sudah rusak, di mana dibagian atap dan kayu-kayunya sudah doyong sehingga dikhawatirkan akan mengancam keselematan siswa.

Dia juga menyebutkan, total ruang kelas yang saat ini diperbaiki ada delapan lokal yang lokasinya semua berada di lantai dua.

“Alhamdulillah ya, sekolah kami saat ini sedang diperbaiki dan kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada dinas pendidikan yang sudah memperhatikan sekolah kami. Jadi sekarang kami tidak dihantui rasa was-was lagi, karena nantinya sekolah kami lebih aman dan nyaman bagi anak-anak dan juga guru-guru di sekolah,” ucapnya. (Heri)