AMBON TODAY – Pencarian terhadap Kapal Motor (KM) Panji Saputra yang hilang di peraiaran laut Maluku kembali dilanjutkan tim SAR gabungan dengan mengerahkan sejumlah kapal hingga pesawat, Senin (20/1/2020).

Pada pencarian hari ketiga ini, dua unit pesawat ikut dikerahkan sekaligus yakni pesawat CN 235 milik TNI AL dan pesawat A 2307 milik TNI AU.

“Operasi pencarian hari ini dilakukan dengan mengerahkan dua peawat TNI,” kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin.

Adapun pencarian melalui jalur laut dilakukan dengan menggunakan tiga unit kapal yakni KN SAR Bharata, KMC AD 64 milik Kodam Pattimura dan KP Tanjung Alang milik Polairud Polda Maluku.

“Untuk pencarian melalui jalur laut itu ada tiga kapal yang beroperasi,” kata dia.

Meski telah mengerahkan dua pesawat dan tiga unit kapal, namun KM Panji Samudera yang mengangkut 25 drum avtur itu belum juga ditemukan.

“Sampai sore ini belum ditemukan, kami juga tidak mendapati tanda-tanda keberadaan kapal tersebut,” ujar dia.

Saat disinggung kemungkinan kapal tersebut telah tenggelam, Muslimin enggan berspekulasi lantaran tidak ada tanda-tanda bahwa kapal itu telah tenggelam.

“Karena kalau tenggelam pasti ada yang terapung, jadi kalau kami menduga tenggelam tapi ternyata kapalnya muncul bagaimana,” sebut dia.

Sebelumnya, KM Panji Saputra yang mengangkut 25 drum avtur bertolak dari Ambon menuju Saumlaki dan Moa, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sejak 7 januari 2020 lalu.

Sesuai jadwal kapal tersebut seharusnya sudah tiba di tempat tujuan pada 11 Januari, namun kapal tersebut tidak juga sampai di tempat tujuan.

Kapal tersebut sendiri membawa empat orang anak buah kapal dan dua penumpang yang merupakan anggota TNI. (net)

loading...