VAN_2318JIKA dilihat penampilan kesehariannya, sosok Lily atau Tjang Lie Hoa nampak seperti seorang wanita sosialita. Namun siapa sangka dibalik penampilannya yang glamor dan selalu gaul, istri dari seorang pengusaha Wiwi Maryanto Halim ini pernah mengalami masa sulit hingga hidup disebuah ruko selama 17 tahun mendampingi suaminya.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kedua pasangan suami istri ini lahir dari keluarga yang terbi­lang mampu, namun keduanya memilih untuk membangun biduk rumah tangga dari nol tanpa meminta sepeserpun dari orangtua masing-masing.”Suami saya memutuskan untuk membiayai kuliahnya sendiri, tidak meminta dari orangtuanya. Dari situ saya bangga dan yakin kalau nantinya Wiwi dan saya mampu membangun rumah tangga dari nol rupiah,” paparnya.

Setelah 12 tahun berpacaran, Lily memutuskan untuk menikah dengan Wiwi pada tahun 1995 diusia 28 tahun. Pasang surut ekonomi mereka alami, sampai tinggal disebuah ruko selama 17 tahun laman­ya, dan Lily mampu bertahan mendampingi suami tercintanya.”Kami berpacaran dari sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Yayasan Kesatuan, awalnya berteman saja, tetapi kita klop banget sampai sekarang ini punya anak dua,” ungkap ibu dari Axel dan Tyrenz ini.

Bagi wanita kelahiran 26 Agustus 1967, masa-masa sulit yang ia lalui bersama suaminya ini bukanlah masa-masa bagian hidup yang suram, memang perih bagi wanita yang akrab disapa Bolyl ini, tetapi jika dibayangkan kembali saat ini justru itulah kenangan berharga dimasa tua kelak bersama suami ter­cintanya.

“Saya bersyukur terlahir sebagai pribadi yang tangguh dan tidak cengeng, sejak kami hidup merih dulu saya tertular sifat suami saya yang kuat. Buat saya juga, dia pribadi yang berbeda dari lelaki yang lain, dia orang yang organize banget. Dan apa yang ia sudah rencanakan selalu ia raih, terkadang saya iba melihatnya, apalagi jika dia sedang ada masalah dan terlihat capek,” tutur Lily seraya membanggakan suaminya.

Selama 17 tahun tinggal disebuah ruko, kini wanita peranakan Tionghoa ini bersama keluarga kecilnya mampu memiliki rumah mewah di kawasan elit Vila Duta, Kelurahan Baranangsiang, Keca­matan Bogor Timur.”Yang saya tahu, saya sebagai isteri berkewa­jiban mendampingi suami saya apapun kondisinya, itu yang menjadi barometer saya untuk bertahan dalam semua kondisi, baik dikondisi terburuk apapun,” pungkasnya.