Untitled-7

MAZDA tengah menyiapkan satu model dengan kode CX-3 yang saat ini tengah dirakit di Thailand. Model ini bakal menjadi penantang Honda HR-V

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

 Mazda Indonesia sudah melepaskan tiga pe­luru ke pasar otomotif nasional. Amunisi an­yar tersebut adalah All New Mazda2, serta faceliftCX-5 dan Mazda6. Ternyata itu belum cukup. Tahun ini Mazda menyiapkan lima model baru dan facelift yang mau dilepas ke pasar.

“Rencananya seperti itu, tapi saya belum bisa bicara soal model masa depan,” ujar Taku Yamafuji, Direktur Perencanaan Korporasi MMI kepada wartawan di Uluwatu, Bali, Senin (25/5/2015).

Ketika ditanya soal kemungki­nan salah satu model yang disiapkan adalah CX-3, Taku tidak mengelak. Namun, pria ramah ini masih me­milih untuk bungkam. “Intinya, kami masih mempelajarinya. Soal kapan peluncuran masih belum bisa dibic­arakan,” ucap Taku.

Kabarnya, Mazda berencana mu­lai merakit CX-3 di Thailand, mulai akhir tahun ini. Setelah perakitan, bisa dipastikan akan dipasarkan ke Indonesia dalam waktu dekat.

Mazda meluncurkan CX-3 di Jepang, mulai akhir 2014. Crossover ini saat ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin, bensin 2.0L SkyAc­tiv menghasilkan tenaga 152,8 tk di 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Selain itu juga ada pili­han mesin diesel 1.5L SkyActiv-D,

Jika jadi diluncurkan, CX-3 siap bersaing dengan Honda HR-V yang praktis tak punya lawan serius di seg­men crossover. Mazda juga bisa ikut mencicipi segmen di bawahnya, yang dihuni Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Ford EcoSport.(*)