Untitled-2

PT Astra International Tbk (ASII) melakukan ekspansi dengan menambah lini bisnis baru, yakni di sektor properti. ASII menggenjot bisnis properti dengan memanfaatkan lahan seluas 2,4 hektare (ha) di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta. Selain gedung perkantoran, pihaknya juga menawarkan apartemen mewah yang menelan anggaran Rp8,2 triliun.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Di atas lahan terse­but ASII melalui Astra Property mem­bangun satu gedung perkantoran, Astra Tower dan tiga menara apartemen mewah Anandamaya Residenc­es. Dalam menggarap proyek ini, Grup Astra menggandeng Hongkong Land Pte Ltd. Saat ini kedua proyek itu dalam tahap groundbreaking dan pembangunan basement. Tar­getnya, kedua proyek ini kelar tahun 2018 mendatang.

Astra dan Hongkong Land membentuk perusahaan pa­tungan bernama PT Brahma­yasa Bahtera. Astra Property menguasai 60 persen saham, sisanya milik Hongkong Land. Total investasi untuk proyek tersebut Rp 8,2 triliun.

“Properti sektor baru yang kami masuki, saat ini sedang dibangun Menara Astra dan Anandamaya Residences di ka­wasan Sudirman, Jakarta,” kata Presiden Direktur Atra Interna­tional Tbk, Prijono Sugiarto.

Melihat pertumbuhan ke­las menengah di Indonesia yang cukup tinggi, kata Pri­jono, sektor properti dinilai memiliki potensi bisnis yang besar. Berdasarkan data Bos­ton Consulting, pertumbuhan kelas menengah di Indone­sia bisa mencapai sekitar 150 juta jiwa untuk lima tahun ke depan dari 74 juta jiwa pada 2014.

Ia mengemukakan, proyek properti yang sedang berjalan 60 persen sahamnya dimi­liki Astra. Dalam menggarap proyek properti itu, Astra menggandeng Hongkong Land Pte Ltd dengan membentuk perusahaan patungan bernama PT Brahmayasa Bahtera.

Anandamaya Residences merupakan pembangunan se­buah kawasan terintegrasi terle­tak di Central Business District (CBD) di Jakarta, terdiri dari sebuah Luxury Tower dan dua Premium Towers. Ketiga tower tersebut akan menjadi satu kes­atuan dengan Menara Astra.

Para penghuni diharapkan dapat menikmati kehidupan mewah yang dekat dengan pu­sat hiburan, kuliner dan perbe­lanjaan. “Anandamaya berasal dari Bahasa Sansekerta yang mempunyai makna ‘ketentra­man’, yang kemudian diwujud­kan kedalam aspek bangunan. Anandamaya Residences me­nawarkan berbaga fitur yang memanjakan penghuninya. Selain menggunakan peralatan bermerk dan memiliki kuali­tas kelas internasional juga di desain dengan detail yang el­egan,” jelasnya.

Selain itu, Anandamaya Residences dilengkapi den­gan fitness center dan spa, jogging track, lapangan bulutangkis dan tenis, kolam renang outdoor sepanjang 50 meter dan 20 meter untuk kolam renang indoor, juga ta­man yang sangat luas. Sistem keamanan dirancang dengan system berlapis mengguna­kan teknologi canggih, mem­buat penghuni merasa ten­tram dan aman.

Premium Tower merupa­kan ‘rumah’ bagi tipe unit 2 bedroom dan 3 bedroom den­gan luas mulai dari 131 persegi hingga 174 meter persegi. Sementara itu, Luxury Tow­er merupakan ‘rumah’ bagi unit tipe 3 bedroom dan 4 bed­room dengan luas mulai dari 217 meter persegi sampai 363 meter persegi.

“Cita rasa resort yang mewah di pengembangan Anandamaya ditambahkan oleh unit 4 bed­room yang memiliki langit-langit dengan ketinggian ganda (men­capai 6 meter pada ruangutama dan ruang makan), dan juga memiliki kolam renang pribadi sepanjang 11 meter dengan sa­jian pemandangan gedung-ge­dung tinggi di Jakarta,” katanya.

Ada juga 6 unit penthouse, masing-masing dilengkapi den­gan en-suite bathrooms, ruang keluarga, double volume liv­ing and dining area dan juga kolam renang pribadi.

(Apriyadi/*)