Untitled-7

SOEGIARTO Adikoesoemo adalah seorang pengusaha yang bergerak diberbagai sektor mulai dari bidang kimia hinga properti. Berkat langkah-langkah bisnis yang cerdas, pria yang akrab di sapa Pak Gik ini, masuk ke dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Seperti apa kisahnya?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Soegiarto Adikoesoemo merupakan President Commissioner untuk PT AKR Corporindo Tbk. Ia mendiri­kan perusahaan tersebut pada tahun 1960 dengan anaknya yang bernama Hary­anto sebagai presidennya.

Tentunya segala kekayaan yang ia miliki saat ini tidak didapat dengan instan. Awal­nya mereka hidup dengan penuh penderi­taan. Namun dari pengalaman itulah yang membuat Soegiarto Adikoesoemo beserta keluarga terus berjuang untuk meraih mim­pi-mimpinya walaupun dengan jatuh ban­gun pada awalnya untuk membesarkan pe­rusahaan mereka tersebut.

Bisnis yang dimiliki oleh Soegiarto Adikoesoemo adalah perusahaan sukses yang bergerak dalam bidang kimia. Namun pada beberapa tahun lalu, ia sempat terkena imbas dari keterlibatannya pada sektor batu bara. Ketika awalnya batu baru menunjuk­kan penurunan, pria asal malang ini lang­sung pindah ke usaha lain dengan lebih fokus untuk mengurus distribusi minyak dan juga produksi petrokimia yang dikelola oleh sekian banyak perusahaan yang dikepa­lai oleh AKR. Selain itu, beliau juga memiliki sebuah perusahaan properti yang bernama AKRLand Development yang beroperasi di Bali dan Manado untuk hotel.

Baca Juga :  Viral Mobil Dinas Patroli Jalan Raya Digunakan Untuk Pacaran

Oleh karena banyaknya usaha yang ia lakukan tersebut, tidak heran jika Soegiarto Adikoesoemo mendapatkan penghasilan yang sangat banyak pada tahun lalu yaitu sekitar USD 770 juta dan terus menanjak hingga USD1,5 miliar.

Tentunya hal ini sangat menunjukkan bahwa kerja keras dari awal yang dimilikinya sudah memberikan kesuksesan yang tentu­nya menguntungkan diri sendiri dan juga ke­luarga. Sedangkan PT AKR Corporindo yang didirikan oleh beliau tentunya juga ikut se­makin menanjak. Saat ini banyak sekali anak perusahaan yang dibangun sejak tahun 1977 yang pada awalnya dulu bernama PT Aneka Kimia Raya sebelum pada akhirnya berubah menjadi PT AKR Corporindo.

Baca Juga :  Kisah Mistis Tukang Becak Mendapat Penumpang Wanita, Endingnya Bikin Jantung Copot

Strategi bisnis yang diterapkan Soegiarto adalah membangun visi strategis dan arah Perusahaan, tetapkan tujuan un­tuk mengubah visi strategis menjadi hasil kinerja yang ingin dicapai oleh perusahaan, merumuskan pilihan strat­egis untuk mencapai hasil yang diingink­an, melakasanakan dan mengevaluasi strategi yang telah dipilih eficiently dan efectively, serta mengevaluasi efektivitas strategi dan dampaknya terhadap kinerja bisnis.

Riwayat Hidup

Soegiarto Adikoesoemo bukanlah anak orang kaya atau konglomerat yang pada akhirnya ikut sukses karena orang tu­anya. Akan tetapi, beliau merintis sendiri usaha tersebut dari bawah walaupun dengan berbagai rintangan yang dihadapi. Dengan segala macam kesusahan yang ia alami sebe­lumnya membuat semangat terpompa lebih banyak lagi sehingga membuat perusahaan yang dikelolanya menjadi berhasil seperti sekarang. (OTI)