DSCN3239

Oktoriza Baswir, sang pemilik brand Osha, bercerita awal mula berdirin­ya bisnis camilan gurih tersebut. “Saya sama istri coba buat camilan buat dikonsumsi sendiri di rumah. Terus ada teman-teman yang datang, saya su­guhin fried cheese ini. Ternyata mereka bilang enak,” ujar Okto.

Tak hanya memuji kudapan hasil tangannya itu, teman-teman Okto bahkan meminta untuk dibuatkan lagi. “Mereka memesan sekilo. Lalu, saya bersama istri berpikir ini peluang buat dikembangkan,” terangnya.

Pada 2003, ia kemudian mencoba mengem­bangkan bisnis isengnya itu dengan menyiap­kan modal Rp5 juta untuk membeli berbagai peralatan dan bahan baku. Ia pun menjadikan rumahnya di KPP IPB Baranang Siang 4 Blok B No 51, KelurahanTanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, sebagai workshop pembua­tan keju goreng Osha.

Baca Juga :  Pengurus dan Pengawas Koperasi Jasa Wartawan Mandiri Sejahtera periode 2021 – 2024 Resmi Dikukuhkan

“Selain keju, kami juga kembangkan dengan menambah varian cemilan, yakni keripik ken­tang. Keripik ini beda tidak menggunakan ba­han pengawet dan bumbunya pun lebih gurih dan proses penghilangan minyaknya pun lebih lama,” jelasnya.

Meski pemasarannya masih di area Bogor saja, namun omzet yang dikantungi Okto terbi­lang lumayan, yakni Rp60 juta per bulannya. “Sebulan saya bisa mengantongi omzet se­banyak Rp60 jutaan, ya itu kotor sih kalo bersih sekitar RP30 jutaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pengurus dan Pengawas Koperasi Jasa Wartawan Mandiri Sejahtera periode 2021 – 2024 Resmi Dikukuhkan

Ia menambahkan, nama Fried Cheese Osha sendiri diambil dari nama anak keduanya, yakni Osha.

Mengenai kendala, Okto mengaku terkendala mod­al lantaran dalam jangka waktu dekat akan ada dis­tributor dari luar kota dan kuota pemesanannya sangat banyak. “Itu bu­tuh modal besar juga. Belum lagi SDM dan kapasitas produksi yang tidak akan mampu memenuhi pemesanan tersebut. Sudah ada dua daerah yang minta kiriman 1 kontainer. Makanya saya belum be­rani deal dulu,” bebernya

Untuk harga, Ia membande­rol Rp18.500 untuk Fried Cheese Osha dan Rp27.500 untuk Keripik Kentang Balado Osha.

(Guntur Eko Wicaksono)


1 KOMENTAR

  1. Minta alamat jelasnya dong soalnya saya cari gak ketemu patokannya apa kalau ada no HP nya atau notelp

Comments are closed.