Cerahkan-Ruang-Gelap-(2)Meskipun tidak menyadarinya, saat Anda merasa lelah, stres atau tidak dalam suasana hati yang bagus, mungkin hal tersebut berasal dari pencahayaan rumah. Fakta menunjukkan bahwa manusia merespon, bertindak dan merasa lebih baik di rumah yang memiliki banyak cahaya alami dan cahaya yang terinspirasi dekorasi.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Jika kamar Anda gelap, ada cara untuk membuatnya lebih bercahaya. Pertama-tama Anda perlu menen­tukan apakah ingin memaksi­malkan cahaya matahari pada siang hari atau mencoba cahaya dari dekorasi lampu yang akan mencerahkan ruang dan sua­sana hati Anda.

  1. Berjalanlah di rumah Anda dan tentukan daerah-daerah gelap

Jika Anda telah lama meng­huni rumah Anda, kemungkinan besar terbiasa di daerah-daerah gelap. Ruang keluarga tidak memiliki cahaya alami yang cukup, atau mungkin saat ini skema warna cat dan furnitur gelap menjadikan interior Anda terasa seperti lubang hitam. Sebelum mencerahkan interior, Anda perlu menemukan faktor-faktor yang membuat perasaan gelap tersebut. Apakah Anda memerlukan jendela yang leb­ih baik atau warna yang lebih ringan pada dinding atau furni­tur.

  1. Padukan warna netral dan putih dalam dekorasi Anda

Jika rumah Anda membutuh­kan kehangatan, lihatlah warna netral seperti coklat espresso, abu-abu jamur, dan warna karat yang hangat. Coklat dan putih sangat fleksibel dan tampak ba­gus ketika diaplikasikan di samp­ing lantai kayu, pintu, atau me­bel kayu yang gelap.

  1. Buka langit-langit gelap dengan perlengkapan penca­hayaan tersembunyi

Bagi banyak rumah, langit langit dengan warna gelap ada­lah hal yang umum. Langit-lan­git gelap menciptakan suasana dramatis dalam ruangan. Meski begitu, hal tersebut juga bisa membangun perasaan ruangan seperti di dalam gua.

Perlengkapan pencahayaan tersembunyi atau yang biasa dis­ebut sebagai “can lights” dapat mencerahkan langit-langit tanpa terlihat menonjol bagi mata. Per­timbangkan memasang sebuah saklar pengatur ruangan untuk mengontrol pencahayaan.

  1. Kombinasikan kabinet ber­warna terang di antara lemari dapur yang gelap

Jika Anda menyukai tampi­lan lemari dapur yang ber­warna gelap atau lantai gelap, pertimbangkan untuk meng­gunakan meja dengan warna ringan. Dapur Anda akan lebih menyenangkan saat ia memiliki banyak cahaya dan terasa lebih terbuka.