HL-(1)Tak mulus di laga pembuka Copa America 2015 membuat Lionel Messi geram. Kapten Argentina itu menyentil rekan-rekan setimnya agar bisa tampil konsisten, jelang bentrok kontra Uruguay pada Rabu (17/6/2015)

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Selain berstatus sebagai juara bertahan, Uruguay tak bernasib sial seperti Argentina. Jika Argen­tina ditahan imbang 2-2 oleh Paraguay, maka Uruguay sukses meraup tiga angka setelah menekuk Jamaica 1-0. Gol ke­menangan Uruguay diceploskan oleh Cristian Rodriguez pada me­nit ke-52.

Messi sah-sah saja jengkel. Soalnya, Argentina bisa saja memenangkan laga jika saja skuat Albiceleste tak teledor. Bertand­ing di Stadion La Portada den La Serena, Minggu (14/6/2015) dini hari WIB, Argentina yang sudah unggul 2-1 harus gigit jari menyu­sul gol Lucas Barrios jelang be­rakhirnya laga. Skor 2-2 bertahan hingga laga usai dan Argentina pun gigit jari.

Argentina tampil baik di babak pertama. Terbukti, dua gol berha­sil dicetak hanya dalam tempo tu­juh menit. Sergio Aguero menbu­ka keunggulan pada menit ke-29 dan digandakan Messi pada menit ke-36 lewat tendangan penalti.

Namun, di babak kedua, Ar­gentina mulai melempem. Tampil tak konsisten, Paraguay mem­perkecil ketinggalan pada menit ke-60 berkat aksi Nelson Haedo Valdez dan mereka selamat dari kekalahan setelah Lucas Barrios mampu memaksimalkan peluang emas pada menit ke-90.

Baca Juga :  Tiket Final Piala Dunia Qatar Resmi Dijual Seharga 24 Juta Rupiah

“Seharusnya kami bisa men­guasai pertandingan hingga akhir. Selanjutnya, kami akan mengha­dapi Uruguay. Kami harus menin­gkatkan performa dan bisa tampil konsisten seperti babak pertama ketika melawan Paraguay,” ketus Messi, seperti dikutip dari BBC.

Pada pertandingan di Grup B Copa America 2015 di Sta­dion La Portada di La Serena, Chile, pada Minggu pagi WIB (14/6/2015), Argentina sempat unggul 2-0 melalui gol dua bombernya Sergio Aguero dan Lionel Messi.

Aguero, striker Manchester City, membuka gol pada menit 28 setelah mendapatkan bola hasil passing yang keliru dari pemain Paraguay. Dia kemu­dian menerobos kotak penalti, mengecoh kiper Antony Silva yang maju mencoba memo­tong pergerakan Aguero, dan menceploskan bola ke gawang kosong.

Berselang 7 menit kemu­dian, sebagaimana siaran lang­sung Kompas TV, tim Tango menggandakan keunggulan melalui penalti Messi. Wasit Kolombia Roldan Perez mene­tapkan penalti karena Miguel Samudio menjatuhkan Angel di Maria di dalam kotak terlarang.

Namun, pada babak ked­ua Paraguay bangkit. Ujung tombak Nelson Haedo Valdez memperkecil ketertinggalan Paraguay pada menit ke-60 me­lalui tendangan keras dari luar kotak penalti setelah meneri­ma sodoran bola pendek dari Nestor Ortigoza.

Baca Juga :  Berikut Tim Negara Yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia

Akhirnya pada menit tera­khir waktu reguler 2 x 45 menit, kemenangan Argentina lepas. Ortigoza kembali menjadi otak lahirnya gol kedua Paraguay. Tendangan bebasnya disam­but sundulan kepala bek yang ikut membantu serangan Paulo Cesar tertuju kepada pemain pengganti Lucas Barrios yang melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti dan gagal ditahan kiper Argentina Sergio Romero.

Dalam pertandingan Grup B lainnya di Stadion Regional Antofagasta di Kota Antofa­gasta, Chile, juara bertah­an Uruguay hanya mampu menang tipis 1-0 atas Jamaika berkat gol semata wayang dari Cristian Rodriguez pada menit ke-51, menyelesaikan kemelut yang berawal dari tendangan bebas.

Sebenarnya pada menit 41, Uruguay pantas mendapat­kan hadiah penalti ketika bek tengah Jamaika Michel Hector menarik baju striker Uruguay Edinson Cavani hingga terjatuh di dalam kotak penalti. Namun wasit Jose Argote (Venezuela) mengabaikannya.

Dengan hasil dua pertand­ingan tersebut, Uruguay untuk sementara memimpin klase­men Grup B dengan nilai 3, diikuti Argentina dan Paraguay masing-masing dengan nilai 1, dan Jamaika 0. (*)