16dobol-21112014JAKARTA, Today – Indonesia dipasti­kan tak lagi menjadi tuan rumah tiga even yang digagas oleh AFF. Kepas­tian itu didapat setelah federasi sepak bola Asia Tenggara itu meng­gelar rapat dewan AFF sejak 15 Juni lalu dan memilih negara lain untuk menjadi tuan rumah.

Agenda yang dicoret dan dipin­dah itu adalah Piala AFF U-16 di Solo, AFF U-19 di Sidoarjo, dan Futsal 2015 di Jakarta.

Sebagai gantinya, Piala AFF U-16 akan berpindah ke Phnom Penh, Kamboja, pada 27 Juli sampai 9 Agustus men­datang.

Sementara itu, Piala AFF U-19 bakal digelar di Ibu Kota Laos, Vien­tiane, pada 22 Agustus sampai 4 September nanti. Kejuaraan futsal sendiri, dipindah ke Thailand pada 8 hingga 18 Oktober.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

Dalam situs AFF juga ditegas­kan bahwa Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah juga dibarengi pencoretan keikutsertaan Indone­sia. Keputusan yang diambil AFF itu, adalah imbas disanksinya PSSI oleh FIFA.

“Itu konsekuensinya setelah dis­anksi. Pasti tidak bisa tuan rumah meskipun persiapan kami sudah ba­gus,” ujar Edy Prasetyo, bidang Mar­keting PSSI.

Kamboja dan Laos Jadi Tuan Rumah

Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) akhirnya menetapkan pengganti In­donesia untuk tuan rumah Piala AFF U-16 dan U-19, serta Piala AFF Futsal 2015. Kebijakan itu diambil setelah Indonesia mendapatkan sanksi FIFA per 30 Mei 2015. Sebelumnya, tiga event itu memang direncanakan di­gelar di Indonesia.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

Penetapan tuan rumah anyar un­tuk tiga event tersebut ditentukan dalam rapat Dewan AFF di Singapu­ra, 15 Juni lalu.

“Dengan adanya sus­pensi, FFC (Federasi Sepakbola Kamboja), sek­arang menjadi tuan rumah untuk Piala AFF U-16 pada 27 Juli-9 Agus­tus 2015 di Phnom Penh,” tulis AFF, dalam laman resminya.

Sedangkan untuk tuan rumah Piala AFF U-19 dan Piala AFF Futsal akan digelar di Vientiane, Laos.

“Kemudian untuk Piala AFF Fut­sal akan diambil alih Thailand, yang juga akan menjadi tuan rumah Ke­juaraan AFF Futsal Klub 2015,” tam­bahnya.

(Imam/net)