JAKARTA, Today  –Pemerin­tah memastikan bonus para peraih medali SEA Games 2015 Singapura nilainya tak meningkat dibanding saat SEA Games 2013 lalu.

Untuk mempercepat pen­cairan, Kemenpora meminta syarat dan data peraih medali segera dilengkapi.

Deputi Menpora Bidang Peningkatan Pembinaan dan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto menyebutkan bahwa bonus diberikan bu­kan hanya kepada atlet, tapi pelatih, dan asisten pelatih juga dapat.

“Nilainya sama dengan SEA Games Myanmar. Tapi proses pencairannya akan lebih cepat,” cetusnya.

Berapa nilai per medali? Djoko merinci untuk peraih medali emas perorangan mendapat Rp 200 juta, perak Rp 50 juta, dan perunggu Rp 30 juta. Nominal berbeda untuk beregu, dimana bonus atlet peraih emas Rp 100 juta, perak Rp 25 juta, dan per­unggu Rp 15 juta.

Sementara itu, jatah bo­nus pelatih yang atletnya sukses meraih medali emas mendapatkan Rp 60 juta, perak Rp 40 juta, dan pe­runggu Rp 25 juta. Asisten pelatih juga menikmati jerih payah dengan bonus emas Rp 30 juta, perak Rp 20 juta, dan perunggu Rp 12,5 juta.

“Kami akan berkoordi­nasi dengan PB dan PP cabor untuk mengusulkan nama atletnya agar tidak lagi telat. Kami imbau juga kepada PB-PP cabor agar memberi­kan data sekaligus, jangan dipisah-pisah,” tandas Djoko.

(Imam/net)