Untitled-7PELANGI Hijabers, tak terasa beberapa hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Salah satu rukun islam yang merupakan ben­tuk ibadah wajib kita. Bulan yang penuh hikmah dan barokah sehingga kehad­irannya selalu dinanti dan disambut umat muslim den­gan penuh suka cita. Pada bulan Ramadhan ini segala amal kebaikan akan mendapatkan pahala nan berlimpah.

OLEH: DEWI PELANGI
[email protected]

Hijabers tentu sudah mem­persiapkan diri sedini mungkin tuk menyambut datangnya bulan Mulia ini. Dalam menyambutnya DPH pun akan memberikan beberapa tips supaya di saat hijaber beribadah puasa badan akan tetap dalam kead­aan segar meski hijabers tetap berak­titas seperti hari biasa. Silahkan disi­mak!

Puasa Ramadhan dimulai sejak terbit fajar hingga berkumandangnya adzan maghrib yang merupakan wak­tu berbuka puasa. Jika dihitung maka di Indonesia sendiri iba­dah puasa ini berlangsung selama kurang lebih 13 hingga 14 jam lamanya. Waktu tersebut meru­pakan waktu terbilang cukup cepat dikarena di beberapa Negara Eropa mengalami puasa yang panjang bahkan ada yang sam­pai menebus waktu 20 jam lamanya. Tentu se­lama waktu berpuasa hi­jabers tak dapat mengkon­sumsi apapun dan adalah wajar ketika anda mengalami rasa kantuk maupun lapar serta dahaga. Untuk menghindari ataupun mengurangi rasa tersebut maka hi­jabers perlu memperhatikan asupan makan di saat sahur dan berbuka pua­sa. Karena selain ibadah, puasa pun bertujuan menyehatkan jiwa dan raga.

Baca Juga :  Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Ciampea Tebar Ikan Lele dan Pohon Pisang di Jalan Rusak

Langkah terbaik, sebainya hijabers memilih makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di saat anda sahur. Karena tubuh anda sangat memerlu­kan asupan tenaga yang cukup dalam menjalani aktifitas harian. Makanan yang anda konsumsi juga akan lebih baik bila mengandung cukup serat sehingga pencernaan anda akan ter­jaga kesehatannya dan terhindar dari masalah sembelit yang sering kali dikeluhkan selama berpuasa.

Tips selanjutnya ialah usahakan menghindari makanan yang memiliki aroma menyengat, hal ini bertujuan agar nafas anda tetap segar. Ditambah kurangi makanan yang berlemak agar anda terhindar dari kekenyangan atau­pun tinggi kolesterol akibat hal terse­but. Jangan lupa untuk mengkonsumsi cukup air putih agar kadar cairan dalam tubuh anda selama berpuasa tetap terjaga kestabilannya sehingga tidak akan mengalami dehidrasi.

Baca Juga :  Pulang Kerja, Warga Cigudeg Tewas Terlindas Truk di Parungpanjang

Pada waktu berbuka puasa, sudah barang tentu makanan manis adalah yang terbaik. Anda dapat berbuka dengan mengkonsumsi makanan sep­erti kurma, segelas teh manis, mau­pun madu alami. Makanan manis akan menstimulasi tubuh yang sudah mengalami kelelahan saat seharian anda beraktifitas. Ia akan merangsang tubuh anda kembali segar dan perut pun akan terhindar dari rasa kaget ketika makanan lainnya akan masuk ke dalam tubuh. Demikian hijabers, semoga tips yang diketengahkan ber­manfaat untuk kita dalam memulai berpuasa. Kita sambut datangnya Ramadhan dengan sukacita.

(Dph)