Untitled-6Menjelang berbuka puasa, kegiatan yang paling seru tentu ngabuburit bersama keluarga dan berburu makanan khas buka puasa atau takjil.

Oleh : Rizky Dewantara

Salah satu tempat mencari takjil yang menyediakan beragam jajanan makanan dan minuman di Jl. Bang­barung, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara.

Daerah yang populer dengan nama Bantarjati memang Setiap tahunnya selalu jadi lokasi para pemburu makanan dan minuman menjelang bulan suci ramadan.

Pedagang disini kebanyakan merupakan penjual dadakan yang hanya berjualan saat bulan ramadan. Salah satu pedagang es cincau, Edi Tompel (35), yang sudah berjualan selama lima tahun.

Baca Juga :  Bejat! Paman dan 2 Rekan Kerja Ayahnya Perkosa Bocah di Jakbar

Dirinya beralih profesi tiap bu­lan puasa tiba. Dimana sebelum­nya ia berjualan roti bakar di SDN 1 Bantarajati. “Saya memang me­manfaatkan momentum ramadan dengan berjualan di Jl. Bantarjati,” ucapnya.

Ia menambahkan intensitas pedagang tiap tahunnya mengalami kenaikan yang cukup drastis. Pasal­nya taun lalu para pedagang hanya sampai kawasan Masjid Ar-rahman, untuk taun ini para pedagang sudah sampai perempatan Pamikul.

“Kami semua memanfaatkan mo­men bulan ramadan untuk mencari nafkah tambahan,” akunya.

Baca Juga :  Tak Terima Dijadikan Pemain Cadangan, Anggota Klub Sepakbola Pekanbaru Tusuk Pelatih

Sementara itu, Safirah, salah satu pembeli mengaku senang karena banyaknya pilihan yang disajikan para pedagang di Jalan Bantarjati.

“Saya sampai pusing karena kebanyakan pilihan, jadi bingung mau beli apa,” katanya, sambil bergurau.

Safirah juga mengaku, banyaknya pedagang dan jumlah pelancong yang mencari takjil, membuat jalan­an di Bantarjati, menjadi semrawut. Dirinya berharap ada penataan agar kedepannya tidak mengganggu pengguna jalan umum.

“Mungkin dari pengguna jalan ada yang ingin buru-buru sampai dirumah, tapi akibat tumpahnya pengunjung kejan jadi bisa apa-apa,” tuntasnya.

(Rizky Dewantara)