Selama berpuasa masalah umum yang sering terjadi adalah bibir kering dan pecah-pecah. Masalah bibir tersebut mem­buat Anda tampak pucat dan kurang segar.

Bibir kering bisa disebab­kan karena dehidrasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi masalah ini.

Selain harus banyak mi­num air putih saat sahur dan berbuka, untuk mengemba­likan cairan tubuh, Anda juga bisa mengikuti tips ini. Di­rangkum dari Beauty Advice, berikut ini beberapa cara un­tuk mengatasi bibir kering.

Pengelupasan Kulit Bibir Minimal seminggu sekali Anda harus mengelupaskan kulit mati di bibir. Caran­ya, basahi bibir dengan air hangat lalu gosok bibir den­gan sikat gigi berbulu lem­but. Lakukan perlahan agar tidak melukai bibir.

BACA JUGA :  Ketersediaan Bahan Pangan di Kota Bogor Sudah Lengkap

Lebih baik lagi menggu­nakan produk pengelupas untuk bibir. Biasanya ber­bentuk seperti lipbalm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah terekelupas.

Menggunakan Lip Balm Cara lain mencegah bibir kering adalah rajin mengap­likasikan lip balm. Carilah lip balm yang kaya moisturizer, mengandung minyak alami dan terdapat label SPF (sun protecting factor).

Kandungan tersebut dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang meru­pakan salah satu pemicu bibir kering. Berikut ini ref­erensi produk lip balm yang bisa Anda coba.

Hindari Makan Pedas dan Asin Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menye­babkan bibir dan mulut ker­ing. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.

BACA JUGA :  Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

Hindari Menjilat Bibir Menjilat bibir sama sekali tidak membantu. Malahan dapat memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang men­empel, membuat bibir sema­kin kering. Oleh karenanya, hindari menjilat bibir.

Madu Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Ma­salahnya Anda tidak bisa men­goleskan bibir di tengah hari.

Oleskan madu menjelang tidur. Saat sa­hur, minumlah madu se­banyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekua­tan selama berpuasa.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================