Selama berpuasa masalah umum yang sering terjadi adalah bibir kering dan pecah-pecah. Masalah bibir tersebut mem­buat Anda tampak pucat dan kurang segar.

Bibir kering bisa disebab­kan karena dehidrasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi masalah ini.

Selain harus banyak mi­num air putih saat sahur dan berbuka, untuk mengemba­likan cairan tubuh, Anda juga bisa mengikuti tips ini. Di­rangkum dari Beauty Advice, berikut ini beberapa cara un­tuk mengatasi bibir kering.

Pengelupasan Kulit Bibir Minimal seminggu sekali Anda harus mengelupaskan kulit mati di bibir. Caran­ya, basahi bibir dengan air hangat lalu gosok bibir den­gan sikat gigi berbulu lem­but. Lakukan perlahan agar tidak melukai bibir.

Baca Juga :  Arist Merdeka Sirait Sebut Kabupaten Bogor Zona Merah Kekerasan Anak 

Lebih baik lagi menggu­nakan produk pengelupas untuk bibir. Biasanya ber­bentuk seperti lipbalm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah terekelupas.

Menggunakan Lip Balm Cara lain mencegah bibir kering adalah rajin mengap­likasikan lip balm. Carilah lip balm yang kaya moisturizer, mengandung minyak alami dan terdapat label SPF (sun protecting factor).

Kandungan tersebut dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang meru­pakan salah satu pemicu bibir kering. Berikut ini ref­erensi produk lip balm yang bisa Anda coba.

Hindari Makan Pedas dan Asin Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menye­babkan bibir dan mulut ker­ing. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.

Baca Juga :  Resep Membuat Cake Panggang Rice Cooker

Hindari Menjilat Bibir Menjilat bibir sama sekali tidak membantu. Malahan dapat memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang men­empel, membuat bibir sema­kin kering. Oleh karenanya, hindari menjilat bibir.

Madu Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Ma­salahnya Anda tidak bisa men­goleskan bibir di tengah hari.

Oleskan madu menjelang tidur. Saat sa­hur, minumlah madu se­banyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekua­tan selama berpuasa.

(Imam/net)