Untitled-4BOGOR, TODAY – Diabetes sering disebut silent killer karena memiliki gejala yang kurang spesifik. Setiap Individu dapat memiliki gejala diabetes (sakit gula) yang berbeda-beda, namun berikut adalah gejala yang umum terjadi pada semua leel diabetes, yaitu :

  1. Peningkatan frekuensi buang air kecil, dan munculnya rasa haus yang berlebihan

Jika Anda mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, terutama di malam hari. Itu karena saat malam hari ginjal aktif bekerja untuk menyingkirkan semua glukosa ekstra dalam darah. Kehausan berlebihan berarti tubuh Anda sedang mencoba untuk mengisi cairan tersebut hilang. Kedua gejala ini terjadi secara bersamaan.

  1. Penurunan berat badan
Baca Juga :  Cara Menjaga Makanan agar Tetap Bersih yang Perlu Diketahui

Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat, sekitar 5-10 kg dalam dua atau tiga bulan. Namun, yang perlu digarisbawahi ini bukanlah penurunan berat badan yang sehat. Hormon insulin tidak mendapatkan glukosa ke dalam sel, di mana sebenarnya akan diproses menjadi energi.

  1. Kelaparan

Ketika kadar gula darah menurun, tubuh berpikir itu belum makan dan haus lebih dari glukosa yang sel perlu untuk berfungsi.

  1. Masalah kulit
Baca Juga :  Nyeri Punggung? Ini Dia 7 Cara Mengatasinya

Kulit gatal, mungkin akibat kulit kering atau sirkulasi yang buruk, sering dapat menjadi tanda peringatan diabetes. Biasanya disertai dengan penggelapan warna kulit di area leher dan ketiak.

  1. Proses penyembuhan luka yang lambat

Infeksi, luka, dan memar yang tidak kunjung sembuh dengan cepat adalah tanda klasik dari diabetes. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah mengalami kerusakan oleh jumlah berlebihan glukosa yang memenuhi pembuluh darah dan arteri.