HL-(2)“Saya sangat optimis lima atlet panjat tebing Kota Bogor bisa memperkuat kontingen panjat tebing Jawa Barat (Jabar) di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 mendatang,” Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Bogor, Ade Syarief Hidayat

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Walaupun telah ikut ambil ba­gian dalam Pelatihan Dae­rah (Pelatda), namun lima climber Kota Bogor masih harus bersaing dengan climber lainnya untuk mem­perebutkan kursi tim inti kontin­gen panjat tebing di ajang PON XIX/2016 mendatang.

Ketua Pengurus Cabang (pengcab) FPTI Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat mengaku optimis anak asuhnya mampu menyisih­kan para pesaingnya dan duduk sebagai tim inti memperkuat kontingen Jawa Barat ( Jabar).

“Saya optimis sekali mer­eka mampu. Walaupun saya tidak terbilang sering melihat mereka berlatih. Namun saya melihat prestasi mereka yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa atlet andalan bahkan menjadi langganan med­ali emas di berbagai kejuaraan,” katanya kepada BOGOR TODAY, Jumat (19/6/2015).

Lebih lanjut dikatakan pria yang juga menjabat sebagai Sek­retaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor ini. Selama ini FPTI cend­erung mandiri dalam memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari dan tidak bergantung pada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Saya salut dengan mereka. FPTI Kota Bogor tidak menjadi­kan dana pembinaan dari Pem­kot sebagai sumber utama. Mer­eka tidak terlalu banyak ribut, namun terus mengukir prestasi dengan gemilang. Saya harap ini bisa menjadi contoh yang baik,” ujarnya.

Senada, Ketua Harian FPTI Kota Bogor, Ridwan Effendi berharap kelima atletnya bisa memperkuat Kontingen PON Jabar XIX/2016 mendatang. Menurutnya, beberapa climber Kota Bogor sudah layak untuk memperkuat Jabar pada PON XIX/2016 mendatang. Tetapi semuanya harus melalui proses penyeleksian.

“Sampai saat ini, beberapa climber yang sudah bergabung di Pelatda masih dalam proses seleksi untuk bisa menembus tim inti kontingen penjat tebing. Saat ini masih proses menuju ke sana,” katanya.

Beberapa nama climber yang diharapkan bisa memperkuat kontingen Jabar pada PON men­datang antara lain, Siti Robiah, Widya Fujianti, serta David Leo Agustin. “Tiga climber andalan Kota Bogor ini sudah berhasil lo­los seleksi daerah (Selekda), dan berhak masuk dalam kontingen panjat tebing Jawa Barat, ketig­anya tampil memuaskan, dan berhasil menempati urutan lima besar,” lanjutnya.

Ada lima atlet Kota Bogor yang diharapkan bisa mem­perkuat Jawa Barat, namun baru tiga climber yang bisa dipastikan lolos selekda PON. “Kota Bogor sendiri berharap ada lima atlet yang bisa memperkuat Jabar, dan semoga saja target kami itu terwujud. Saya secara pribadi juga cukup puas dengan presta­si yang didapat dalam selekda PON. Meski tidak sesuai dengan target yang diharapkan sebel­umnya,” pungkasnya. (*)