Untitled-12PUASA tidak hanya sebatas menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari, tapi lebih dari itu. Bu­lan puasa adalah bulan penuh rahmat yang sangat didamba­kan banyak orang dan penuh kemuliaan.

Tentunya anda harus bisa menjaga kesehatan di bulan puasa. Alasannya sederhana, agar anda bisa beraktivitas se­cara maksimal dalam masa puasa dan juga agar puasa anda berjalan dengan baik. Bukan­kah dengan tubuh yang sehat, puasa lancar, aktivitas harian anda juga lancar?

  1. BUAT PERENCANAAN

MAKANAN

Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar ma­kanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini ber­tujuan agar anda tidak bingung menentukan menu makanan sa­hur dan berbuka setiap hari.

  1. KURANGI KONSUMSI TEH, KOPI, DAN MINUMAN BERSODA
BACA JUGA :  Kecelakaan Minibus Terguling di Tol Solo-Ngawi, Diduga Pecah Ban

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang kedua adalah mengu­rangi konsumsi beberapa minu­man diatas. Alternatifnya, banyak minum air putih. Dalam sehari anda bisa minum 4-10 gelas dan itu dibagi untuk buka dan sahur.

  1. KEBIASAAN MAKAN SEHAT

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah men­jaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada saat sahur, usa­hakan agar anda tidak bangun telat.

  1. KONSULTASI KE DOKTER

Jika anda punya masalah keseha­tan, anda bisa mengkonsultasikan­nya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan adna, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa men­jalankan puasa dengan baik.

  1. CUKUP WAKTU TIDUR
BACA JUGA :  Idul Adha 1445 H, Hery antasari : Momentum Pengorbanan dan Keikhlasan

Tidur malam juga adalah hal pent­ing yang harus anda perhatikan salam menjaga kesehatan di bu­lan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya.

  1. BEROLAHRAGA

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk mem­bantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukkan tidak perlu terlalu be­rat, minimal jalan santai yang bi­asanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

(Imam/net)

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================