Untitled-9Layanan Sistem Pin­tar Meter Listrik Pra­bayar (SIMPLY) dari PT XL Axiata Tbk (XL) mendapatkan apresiasi dari ko­munitas pelaku bisnis dalam Asia M2M Business Platform di Bangkok, Thailand. SIMPLY terbukti menunjukkan manfaat yang besar bagi para pelang­gan korporasi dengan mampu membantu meringankan beban biaya operasional perusahaan dan dapat meminimalisir peng­gunaan listrik yang berlebihan.

Asia M2M Business Platform merupakan suatu badan organ­isasi yang menaungi operator telekomunikasi penyedia solusi M2M platform di Asia secara khusus mengenalkan SIMPLY sebagai salah satu layanan M2M, atau saat ini dikenal sebagai In­ternet of Things (IoT). Hanya SIMPLY, layanan dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk diperkenalkan di forum tersebut.

Chief Digital Service Officer XL, Yessie D. Yosetya, men­gatakan, bahwa SIMPLY meru­pakan inovasi layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah berhasil menarik perhatian dunia IoT karena layanan ini terbukti telah banyak membantu meringankan beban biaya operasional perusa­haan dan dapat meminimalisir penggunaan listrik yang berlebi­han.

“Kami pun terus melakukan pengembangan atas layanan ini sehingga bisa memperbesar manfaat sekaligus mempermu­dah pengembangannya,” ung­kap Yessie kepada BOGOR TO­DAY dalam keterangan resminya.

Baca Juga :  Selama 14 Hari Mie Gacoan Cilendek Disegel Pol PP Akibat Belum Kantongi Izin

Yessie menambahkan, man­faat dari penggunaan SIMPLY ini telah dirasakan oleh perusahaan infrastruktur, agensi periklanan, jasa perhotelan serta lembaga keuangan perbankan untuk me­sin ATM. Dengan adanya lay­anan SIMPLY, perusahaan dapat mengontrol dan mengatur kuota konsumsi listrik berdasarkan trend penggunaan per bulan­nya, dapat meminimalkan fraud, dan tidak perlu repot untuk melakukan pengisian pulsa pra­bayar listrik.

Berkat program sales yang agresif ditambah dengan penam­bahan fitur baru, hingga Juni 2015, XL IoT sudah berhasil mendistribusikan dan mengak­tifkan layanan SIMPLY untuk 36 pelanggan korporat. Penca­paian ini menandakan XL telah memenuhi 70 persem target pemasangan Meter Listrik Pintar Dua Arah di area wilayah distri­busi listrik Jawa dan Bali.

Sejumlah fitur baru telah di­hadirkan, antara lain berupa ke­mudahan mengakses informasi yang dapat dilakukan melalui gadget Android melalui aplikasi yang dapat diunduh langsung dari Play Store. Selain itu, pelanggan juga dapat memind­ahkan data ke dalam format file yang lebih mudah digunakan saat menganalisa data penggu­naan listrik, kuota listrik yang tersisa, serta transaksi pembelian token listrik untuk kebutuhan analisa bisnis mau­pun pendukung kegiatan ope­rasional.

Baca Juga :  Fave Hotel Padjajaran Gandeng Mountrash Sediakan Dropbox Sampah Botol Plastik Dukung Program Zero Waste

“XL juga membantu pel­anggan korporat untuk pembelian token listrik PLN Prabayar yang dapat mem­permudah aktivitas opera­sional pelanggan korporat,” katanya.

SIMPLY terdiri dari meter listrik pintar, modul komuni­kasi data untuk komunikasi dua arah, serta perangkat tel­ekomunikasi berupa modem dan kartu XL. Saat jumlah kredit listrik pelanggan men­capai nilai minimal, notifikasi dari sistem XL akan mengin­formasikan status “low credit” secara otomatis ke nomor pon­sel pelanggan.

Pelanggan kemudian mel­akukan pembelian token lis­trik, yang bisa didapatkan dari top up channel yang tersedia (bank, atau modern channel yang menyediakan token listrik prabayar PLN). Saat pelanggan selesai mel­akukan transaksi pembelian, maka secara otomatis token listrik akan tersimpan di me­teran listrik tanpa pelanggan melakukan pengisian secara manual.

(Apriyadi Hidayat)