6-delegasi-ke-jepangBOGOR TODAY – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor bakal mengirimkan enam delegasi di Jambore Dunia ke-23 yang berlangsung di Yamaguchi, Je­pang, 28 Juli-8 Agustus 2015. Acara ini akan diikuti 162 Negara dengan 30.000 peserta.

Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Kota Bogor, Setia Budi mengatakan, pihaknya akan men­girim kontingen yang terdiri atas pramuka penggalang, penegak dan pandega. Jumlah utusan yang dikirim 6 orang untuk perwakilan Kota Bogor.

Kontingen yang akan dikirim ke ajang yang digelar oleh World Organization of the Scout Move­ment (WOSM) dari siswa-siswi Kota Bogor. Keenam peserta itu berasal dari SMAN 1 Kota Bogor, berjum­lah empat orang dan dua orang dari SMPN 1 Kota Bogor. “Peserta yang ikut ke Jepang berdasarkan hasil seleksi. Dan akan dikarantina terlebih dahulu. Alhamdulillah, ta­hun ini Kota Bogor bisa mengirim 6 peserta dari tahun sebelumnya hanya 4 peserta saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkot Bogor Berikan Rp500 Juta Untuk Korban Gempa Cianjur, Bima Arya: Perlu Sinergitas dan Kolaborasi Bersama Dalam Kemanusiaan

Nurwali, Sekretaris Kwarcab Kota Bogor menambahkan, jambo­re pramuka dunia dengan mengu­sung tema ‘A Spirit of Unity’ ini di­gelar untuk menggalang semangat persaudaraan pandu pramuka se-dunia sehingga Kwarcab Kota Bogor sebagai bentuk partisipasi mengir­imkan delegasinya. “Jambore Dunia di Jepang ini bertepatan dengan 70 tahun peristiwa bom atom Hiroshi­ma dan Nagasaki,” kata dia.

Menurutnya, ajang interna­sional tersebut, akan diikuti oleh berbagai gerakan kepanduan dari seluruh dunia sehingga akan mem­pererat hubungan persaudaraan di antara anggota-anggota pramuka. “Nantinya, 6 delegasi dari Kota Bogor ini akan bergabung den­gan peserta-peserta dari kwarda se-Indonesia yang akan dikirim ke Jepang. Total ada 462 kontingen Indonesia yang akan dikirim,” kat­anya.

Baca Juga :  Diskusi Bareng Anjal Serta Pembagian 50 Kursi Roda Bagi Penyandang Disabilitas Mengisi Pekan HAM Kecamatan Tanah Sareal

Sementara itu, Pembina Pramuka dari SMAN 1 Kota Bogor Endang Sumarni mengatakan, ban­yak kegiatan yang akan digelar pada Jambore Dunia ke-23 yang akan dii­kuti oleh seluruh peserta jambore. “Mulai ‘scouting skill’ (keterampi­lan kepramukaan), kegiatan per­saudaraan, pengenalan budaya Je­pang. Para peserta jambore, wajib memperkenalkan budaya Indone­sia juga, para prwakilan Indonesia juga harus membawa pakaian adat Indonesia,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, menyatakan dukungan­nya terhadap pengiriman pramuka Kota Bogor di Jambore Dunia ke-23 di Jepang ini. “Persiapannya ha­rus detail dan maksimal. Harumkan nama Indonesia khususnya Kota Bogor di pentas Jambore Dunia di Jepang,” ucapnya.

(Rizky Dewantara)